Mantra Panyuwunan Terlengkap dan Terampuh

Kejawen.id – Masyarakat Jawa meyakini kekuatan sakti dianggap dapat dipancarkan oleh kekuatan suara yang bersifat gaib. Kebiasaan orang Jawa terkenal dari dulu adalah sangat kental dengan namanya berbagai mantra, termasuk salah satunya mantra panyuwunan.

Menurut orang Jawa, mantra panyuwunan memiliki energi baik karena di dalamnya terkandung berbagai makna tersendiri. Di mana mantra tersebut di bacakan hanya sebagai lantaran kita untuk memohon kepada Tuhan, bukan untuk menyembah hal-hal lain.

Dalam hal ini, sayangnya masih banyak orang di luar sana belum mengetahui manfaat dan kegunaan mantra panyuwunan. Padahal dengan membaca doa atau mantra kita bisa terhindar dari hal buruk dan bisa berdoa untuk meminta apa yang sedang dikehendaki melalui mantra tersebut.

Oleh sebab itu, buat kalian yang belum mengetahui tentang berbagai macam mantra-mantra panyuwunan ada baiknya simak pembahasan ini sampai selesai. Kami akan memberikan kumpulan mantra mulai dari pengertian hingga rapalan mantra panyuwunan.

Apa Itu Mantra?

Mantra merupakan sebuah susunan kata atau kalimat yang isinya mengandung kekuatan gaib di dalamnya, dan memiliki susunan kata berisi puisi serta mempunyai irama dan rima. Mantra biasanya sering digunakan oleh para dukun atau pawang untuk menandingi kekuatan gaib.

Mantra dalam bahasa melayu adalah tawar, serpah , sembur cuca, jampi, puja, seru dan tangkal. Mantra memang dijadikan sebagai budaya yang ada sejak zaman dahulu. Di mana mantra terdiri atas beberapa rangkaian kata yang memiliki irama, isi dan mantra berhubungan dengan kekuatan gaib.

Karena mantra bisa didapatkan secara gaib seperti warisan dari perguruan yang diikuti. Selain itu, mantra itu mengandung perintah dan rayuan, sebab terdapat kecenderungan seoterik atau khusus pada setiap kata-katanya, mantra mementingkan keindahan permainan bunyi.

Kumpulan Mantra Panyuwunan

Seperti sudah dibahas di atas, sampai saat ini mantra ilmu masih banyak digunakan atau ucapkan oleh kepercayaan masyarakat Indonesia, khususnya Jawa. Karena Jawa memang tidak perlu diragukan lagi tentang mengenai adat, budaya dan tradisi.

Sehingga masyarakat Jawa banyak menggunakan banyak berbagai macam mantra panyuwunan yang ada. Kata “panyuwunan” adalah bahasa Jawa yang artinya dalam bahasa Indonesia itu “meminta”. Di mana orang nantinya akan berdoa atau membaca mantra untuk meminta agar hidupnya diberikan keselamatan, rejeki, kesehatan dan lain sebagainya.

Nah, berikut kami berikan mantra-mantra panyuwunan lengkap untuk bisa kalian baca dan semoga dapat memberikan manfaat atau efek yang lebih baik untuk hidup ke depannya.

1. Mantra Keselamatan

Pertama, mantra panyuwunan keselamatan mantra ini dibaca agar bisa terhindar dari energi negatif sejenis apapun. Adapun bacaannya adalah sebagai berikut.

Bismillahirrahmanirrahim
Sukmo Mulyo Waseso Neng Adam,
Ora Ono Beboyo Pekewuh,
Bebaya Pakewuh Podho Sirno,
Sirno Sangking Kersaning Allah
Laailaha Illalloh Muhammadarrosululloh

2. Mantra Tolak Bala Jawa Kuno

Mantra tolak bala adalah sebuah mantra Jawa khusus diperlukan untuk menjaga keselamatan diri kita dan untuk seluruh keluarga.

Sakehing lara pan samya bali,
Sakeh ngama pan sami mirunda,
Welas asih pandulune Sakehing wisa,
Tawa Sato galak tutut Kayu,
Aeng lemah sangar Songing landhak,
Guwaning Wong lemah miring,
Myang pakiponing merak,

3. Mantra Mengusir Kolo

Mantra mengusir kolo adalah mantra tiada tanding, di mana dalam bacaan ini memiliki kegunaan untuk melindungi dan memusnahkan ilmu magis lainnya.

Bismillah,
Ya Bagindale,
Ya Basitrami,
Ya Basi Tumbu,
Ya Qursani,
Ya Yakkuni,
Ya Raja Maula,
Aja muandreka, massilesurekki,
Tama manekko ri tubukku.

4. Mantra Jawa Minta Rezeki

Mantra Jawa minta rezeki adalah sebuah mantra yang paling banyak dibacakan seseorang ketika dalam keadaan hidupnya serba kekurangan. Di mana mantra tersebut dipercaya bisa menjadi salah satu mantra untuk meminta rezeki dengan mudah dalam kondisi apa pun.

Niat Ingsun matek Ajiku si Purbo Waseso,
Alloh kang amiseso ibu bopo kulo,
Nyuwun sandang pangan saking bumi,
Jagad sumber segoro Wetan, Kidul, Kulon, Lor adoh parek,
Pareko marang ingsun go waseso Allah kang amiseso,
Marmadi kakang kawah, adi ari-ari,
Geteh, puser sedulur ingsun
Sing karumatan lan ora sing karumatan,
Songko margo ino lahir bareng sedino,
Ibu ono ngarep, bopo ono mburi,
Ayo podo bebarengan golek sandang pangan,
Slamet budiku, luhuro kadrajatanku,
Sak tingkah polahku Slamet oleh rezekine saking Allah,
Laa Illaa Haillalloh Muhammadarrosulloh.

Mantra Melayu Kuno

Pada umumnya mantra adalah suatu bentuk lisan paling tua yang dimiliki oleh orang Melayu. Bahwa mantra tidak hanya dimiliki oleh para dukun atau pawang saja, melainkan orang biasa seperti kita juga sebenarnya bisa mengamalkan berbagai macam mantra-mantra yang ada.

Adapun yang dimaksud mantra melayu sebenarnya hampir sama pada mantra pada umumnya. Namun, dalam hal ini kami ingin memberikan beberapa contoh mantra bahasa Melayu kuno. Berikut contoh beberapa mantra Melayu kuno dan kegunannya.

Mantra Untuk Menjaga Diri

Hak burdahak,
Aku berserah kepada yang hidup,
Tiada mati kata Allah,
Kata Muhammad kukatakan
.

Mantra Pengasih

Minyak situang-tuang,
Tuang dalam kuali,
Mukaku cantik bagaikan bulan terang,
Siapa yang melihat tergila padaku,
Kurss semangat (sebut nama orang yang disayangi).

Mantra Pemanis

Bismillah,
Minya ini minyak cawandi,
Tumpah dari ubun-ubun nabi Muhammad,
Bintang bertabur ke kiriku, ke kananku,
Aku duduk dipandang lebih,
Aku berdiri dipandang lebih,
Aku berjalan dipandang lebih.

Mantra Serindai

Bismillahirrahmanirrahim,
Hi amrin ni wajiah jin serindai,
Buka kunci rumahku,
Buka kunci yang di dalam rumahku,
Buka kunci yang keliling rumahku,
Kunci Allah lagi terbuka,
Kunci Muhammad lagi terbungkai,
Inikan pula si amrih jin serindai,
Ambil ranngas mata hendak membuat pagar,
Hendak memgar rangka bidadari.

Mantra Pengusir Jin

Pulanglah engkau kepada rimba sekampung,
Pulanglah engkau kepada rimba yang besar,
Pulanglah engkau kepada gaung guntung,
Pulanglah engkau kepada sungai yang tiada berhulu.

Mantra Menghalau Setan

Bismillahirrahmanirrahim,
Hantu raya jembalang raya,
Datang engkau dari hutan raya,
Kembalilah engkau ke hutan raya,
Engkau jangan bertemu anak sidang manusia,
Jika bertemu anak sidang manusia,
Tunduk engkau tujuh kali kepada aku,
Umat Muhammad lah yang sebenarnya,
Berkat kata lailahaillallah Muhammadarrasulullah.

Rapalan Mantra Panyuwunan

Untuk bisa menguasai mantra-mantra di atas, kalian diwajibkan mengamalkan atau menjalankan syariat bacaan amalan doa wirid, mantra, rapalan serta menjalani lelaku khusus dalam membangkitkan mantra panyuwunan tersebut. Berikut persyaratan yang harus dilaksanakan sebelum kalian menghafal dan mengamalkan mantra dan rapalan mantra di atas.

Pertama memulai lelaku dengan mandi wajib dan berwudhu secara tertib, sehingga badan dalam keadaan bersih serta suci. Lalu lakukan Sholat Sunah dua rakaat setelah melewati jam 12 malam (Tahajud), setelah sholat selesai kemudian membaca “Astaghfirullahal ‘adhziim” 100 kali, dilanjutkan membaca “Allahuma Sholli’Alla Muhammad, Wa’alaa Ali Muhammad” sebanyak 100 kali.

Selanjutnya bertawasul dengan khusu membaca doa sebagai berikut.

  • Illa hadlrotin Nabiyya Muhammad Shollalahu ‘alaihi Wasallam, Syai-u Lillahi dilanjutkan membaca Alfatehah 1x.
  • Illa hadlrotin malaikatil mukorobin Wasi saadatinaa Abu Bakar, Wa Umara, Wa Usman, Wa Ali Rodiyallohu ‘anhum, Syai-u lillahi membaca Alfatehah 1x.
  • Illa hadlrotin Nabiyyil Ilyas AS, Wa illa Nabiyyil Khidir AS Syai-u lillahi membaca Alfatehah 1x.
  • Illa hadlrotin Auliyallohi Ta’alasyayidinal Abdul Qodir Djaelani, Wa Illa Kanjeng Sunan Kalijaga, Kanjeng Sunan Malik Ibrahim, Kanjeng Sunan Bonang, Kanjeng Sunan Ampel, Kanjeng Sunan Giri, Kanjeng Sunan Muria, Kanjeng Sunan Kudus, Kanjeng Sunan Drajat, Kanjeng Sunan Gunung Jati, Syai-u lillahi membaca Alfatehah 1x.

Nah, jika kalian telah selesai bertawasul kemudian bisa langsung mengamalkan salah satu mantra panyuwunan sesuai apa yang kalian kehendaki. Perlu diketahui, untuk membacakan mantra atau doa sebaiknya dilakukan dalam posisi duduk bersila, konsentrasi dan mengatur pernafasan dalam ruangan yang bersih dari kotoran najis serta hadas. Lalu rapalan mantra tersebut bisa kalian lakukan kapan saja dan dimana saja saat dibutuhkan.

Kesimpulan

Itulah beberapa berbagai macam kumpulan mantra panyuwunan untuk kalian amalkan atau pelajari sesuai apa yang sedang dikehendaki masing-masing. Dengan membaca mantra-mantra di atas kalian nantinya bisa sehat, diberikan rezeki berlimpah dan dijauhkan dari mara bahaya. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi buat kalian ketika sedang mencari mantra panyuwunan

Tinggalkan komentar