Umur Para Nabi dan Makamnya

Kejawen.id – Sebagaimana diketahui, sesungguhnya setiap nabi diutus oleh Allah SWT untuk menjadi juru dakwah di dunia, yakni menyelamatkan umat manusia dalam kebinasaan dan kerugian. Sehingga umur para nabi mulai dari Nabi Adam AS hingga Nabi Muhammad SAW itu berbeda-beda.

Disebutkan bahwa umur para nabi berbeda salah satunya Nabi Nuh, beliau tidak putus asa mengajak umatnya untuk menuju jalan kebaikan. Bahkan Nabi Nuh dalam menjalankan dakwahnya yaitu selama 1.000 tahun.

Karena umur adalah salah satu misteri dan tidak ada satu pun manusia yang mengetahui sampai kita kapan akan hidup di dunia. Tentu berbeda dengan umat terdahulu, mereka kebanyakan dianugerahi usia yang panjang seperti umur para nabi.

Namun, tahukah kalian berapa umur 25 para nabi Allah SWT dahulu? Seperti diketahui nabi dan rasul Allah memang banyak, akan tetapi yang wajib kalian ketahui itu ada 25 nabi, siapakah nabi dan rasul tersebut yang memiliki usia paling panjang? Simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Umur Para Nabi dan Makamnya

Seperti diketahui, umur merupakan salah satu perkara gaib yang hanya diketahui oleh Allah SWT dan tidak ada satu pun manusia bisa menebak berapa jatah umurnya di dunia, termasuk umur para Nabi dan Rasul-Nya. Sebagaimana kita ketahui, bahwa nabi adalah orang manusia yang diberi wahyu oleh SWT.

Sedangkan rasul merupakan manusia yang diutus oleh SWT dengan membawakan pesan tertentu untuk disampaikan kepada umat manusia. Jumlah nabi dan rasul itu sangat banyak, namun yang wajib untuk diketahui dan diimani sebagai umat muslim yaitu hanya 25.

Di mana semau nabi dan rasul tersebut mempunyai tujuan sama, yakni mendakwah kan ajaran-ajaran tauhid dan mengajak orang untuk beriman kepada Allah SWT. Adapun dalam menjalankan tugas mulia tersebut, terdapat beberapa nabi yang diberikan umur panjang hingga lebih dari 900 tahun.

Namun, tidak semua sampai panjang umurnya sampai umur tersebut, ada nabi yang hidup dengan umur normal seperti halnya pada manusia pada zaman sekarang, yakni berkisar 60 hingga 70 tahu saja. Lantas, berapakah umur para nabi dan rasul? Untuk mengetahui lebih jelas, simak rangkaian berikut ini 25 umur para nabi serta rasul dan makamnya untuk kalian ketahui.

1. Nabi Adam

Nabi Adam AS merupakan manusia sekaligus khalifah pertama yang diciptakan oleh Allah SWT. Umur Nabi Adam AS diketahui hampir mencapai 1 abad, dan beliau wafat di usia menginjak 930 tahun. Nabi Adam AS dimakamkan di Mekkah.

2. Nabi Idris

Nabi Idris AS adalah salah satu keturunan dari Nabi Adam AS atau dikenal dengan kecerdasannya. Nabi Idris merupakan nabi pertama yang bisa menulis dan membaca, beliau wafat pada umur 82 tahu. Sampai saat ini, makam beliau belum diketahui.

3. Nabi Nuh

Seperti diketahui, Nabi Nuh AS terkenal dengan mukjizatnya yaitu berupa kemampuan membuat perahu besar dan mampu menyelamatkan manusia serta hewan dari banjir bandang. Nabi Nuh AS menjadi salah satu nabi dengan umur terpanjang, yakni 950 tahun. Beliau dimakamkan di Masjid Kufah, dan menurut pendapat lainnya menyebutkan juga berada di Gunung Merah, Al-Masjidil Haram dan Mekkah.

4. Nabi Hud

Nabi Hud AS dikenal dengan kemampuannya yaitu mampu menurunkan hujan atas izin dari Allah SWT, di mana pada saat kaum Ad dilanda kekeringan. Nabi Hud AS wafat di umur 130 tahun, dan beliau dimakamkan berada di Timurnya Hadramaut, Yaman.

5. Nabi Shaleh

Nabi Shalel AS merupakan nabi diberikan mukjizat oleh Allah SWT berupa kemampuan untuk memunculkan unta betina hamil 10 bulan dari batu besar. Nabi AS diketahui wafat di usia 70 tahun. Makam Nabi Shaleh AS berada di Hadramaut.

6. Nabi Ibrahim

Nabi Ibrahim merupakan seorang nabi memiliki banyak keturunan. Selama masa hidupnya beliau lah yang mulai mengenalkan umat Islam untuk berkurban. Nabi Ibrahim AS wafat pada usia 175 tahun, dan dimakamkan di kota Al-Khalil (Palestina) bersama istri pertamanya bernama Sarah.

7. Nabi Ismail

Nabi Ismail AS merupakan anak dari Nabi Ibrahim yang pernah menerima perintah dari Allah untuk menyembelih ayahnya sendiri. Selain itu, Nabi Ismail juga dikenal memiliki mukjizat mengeluarkan sumber mata air zam-zam. Beliau wafat menginjak pada usia 137 tahun. Nabi Ismail dimakamkan di samping Ibunda (Hajar) di Mekkah dekat dengan makam ayahnya (Nabi Ibrahim).

8. Nabi Luth

Nabi Luth merupakan salah satu utusan Allah yang ditugaskan untuk meluruskan perbuatan menyimpang kamu Sodom di Yordania. Beliau wafat pada usia 8o tahun. Nabi Luth dimakamkan di Shoa’ur.

9. Nabi Ishaq

Menurut Al-Qur’an, Nabi Ishaq dikenal sebagai salah satu nabi mempunyai banyak ilmu, akhlak, dan perbuatan-perbuatan baik. Nabi Ishaq juga dikenal sangat berbakti kepada orang tuanya, beliau wafat pada usia 180 tahun. Nabi Ishaq makamnya berada di Palestina, dan beliau dimakamkan bersama ayahnya (Nabi Ibrahim AS).

10. Nabi Yaqub A.S

Nabi Yaqub merupakan pendakwah yang dikenal pandai berpolitik. Nabi Yaqub juga berhasil menikahkan 2 anak raja hingga budak-budaknya. Beliau wafat di usia 147 tahun dan makamnya terletak di kota Al-Khalil, Palestina.

11. Nabi Yusuf

Nabi Yusuf adalah dikenal nabi paling tampan. Nabi Yusuf juga mampu mengartikan mimpi dan mengajarkan cara bercocok tanam kepada raja Mesir. Beliau wafat pada umur 110 tahun. Nabi Yusuf makamnya berada di Nablus, Palestina.

12. Nabi Ayyub

Nabi Ayyub merupakan nabi yang dikenal dengan kesabarannya saat menghadapi penyakit kulit selama bertahun-tahun. Nabi Ayyub AS wafat pada umur 120 tahun, dan makamnya berada di desa Syeikh Sa’d Syira.

13. Nabi Syu’aib

Nabi Syu’aib merupakan salah satu nabi yang diutus untuk kaum Madyan, dan terkenal sebagai ahli pidato di antara para nabi lainnya. Beliau wafat pada umur 110 tahun, dan makamnya berada di desa Hathin dekat kota Thabariyah (Syria).

14. Nabi Musa

Nabi Musa yaitu terkenal akan mukjizatnya mampu membelah lautan ketika dikejar oleh Raja Firaun serta pasukannya. Nabi Musa juga bekerjasama dengan Nabi Harun untuk menaklukkan Firaun. Beliau wafat pada umur 120 tahun, makamnya terletak di daerah Gunung Thursina.

15. Nabi Harun

Nabi Harun sangat dikenal dengan kemampuan dalam berbahasa, beliau juga mampu memperluas wilayah dakwah dan memperbanyak jumlah pengikutnya bersama Nabi Musa. Nabi Harun wafat pada usia 123 tahun, makamnya terletak di Gunung Thursina berdekatan dengan Nabi Musa.

16. Nabi Zulkifli

Nabi Zulkifli merupakan anak dari Nabi Ayyub, diketahui bahwa Nabi Zulfkifli menggantikan kedudukan sebagai raja yang sudah sangat tua untuk memimpin wilayah Syam dan Palestina. Beliau wafat pada umur 75 tahun, serta makamnya terletak di Gunung Thursina.

17. Nabi Daud

Nabi Daud AS dikenal sebagai salah satu nabi yang mempunyai mukjizat kitab Zabur. Selain itu, Nabi Daud juga mampu berbicara dengan burung serta melunakkan besi dengan tangan kosong. Beliau wafat pada umur 100 tahun.

18. Nabi Sulaiman

Nabi Sulaiman merupakan seorang raja yang berkuasa dan memiliki kekayaan luas biasa. Beliau juga mempunyai mukjizat mampu berbicara dengan binatang. Selain itu, Nabi Sulaiman juga memiliki bala tentara dari golongan manusia, hewan, dan jin. Diketahui, Nabi Sulaiman wafat pada umur 66 tahun dan makamnya berada di Baitul Maqdis Palestina.

19. Nabi Ilyas

Nabi Ilyas diutus oleh Allah untuk berdakwah kepada kaum Bani Israil yang gemar menyembah patung. Nabi Ilyas wafat pada umur 60 tahun, makamnya terletak di Ba’labak Lebanon.

20. Nabi Ilyasa

Adapun Nabi Ilyasa AS diberikan tugas untuk melanjutkan dakwah dari Nabi Ilyas. Salah satu mukjizat beliau yaitu menghidupkan kembali orang sudah meninggal atas izin Allah SWT. Nabi Ilyasa wafat pada usia 90 tahun, di mana makamnya terletak di semenanjung Arab sebelah timur.

21. Nabi Yunus A.

Nabi Yunus merupakan orang yang tetap selamat ketikan ditelan ikan puas, beliau adalah salah satu nabi yang gagal dalam berdakwah dan memilih untuk meninggalkan kaumnya. Nabi Yunus wafat pada usia 70 tahun, makamnya terletak di Distrik Eil, Turki.

22. Nabi Zakaria

Nabi Zakaria adalah salah satu nabi yang sukses dengan metode dakwahnya. Nabi Zakaria merupakan keturunan dari Nabi Daud AS dan Nabi Sulaiman, beliau wafat pada umur 121 tahun dan makamnya terletak di Masjid Agung Aleppo, Syam (Palestina).

23. Nabi Yahya

Diketahui bahwa Nabi Yahya adalah anak dari Nabi Zakaria yang lahir ketika umur ayahnya sudah tua. Beliau juga dikenal sebagai nabi sangat tegas dalam menegakkan keadilan, Nabi Yahya wafat pada usia 32 tahun dan makamnya berada di Damaskus.

24. Nabi Isa

Nabi Isa AS diketahui orang yang lahir tanpa sosok ayahnya. Beliau mendapatkan mukjizat berupa kitab Injil serta dianggap sebagai pemimpin umat Nasrani. Nabi Isa diketahui tidak wafat, melainkan diangkat oleh Allah SWT ke langit saat berusia 33 tahun.

25. Nabi Muhammad SAW

Sebagaimana diketahui, Nabi Muhammad adalah nabi terakhir yang diberi mukjizat berupa kitab suci Al-Qur’an. Di mana Al-Qur’an merupakan penyempurnaan dari kitab-kitab sebelumnya, beliau wafat pada umur 63 tahun dan makamnya terletak di Masjid Nabawi, Madinah.

Kesimpulan

Itulah umur para nabi dari sebagian para utusan Allah SWT sebelum Nabi Muhammad SAW. Dengan demikian, mengingat umur hidup kita jauh lebih singkat dibanding para umat terdahulu, seharusnya menjadi motivasi supaya senantiasa tetap menjaga ketakwaan kepada Allah SWT.

Tinggalkan komentar