Fadhilah Sholawat Nariyah 313 Kali, Kisah Nyata dan Kedahsyatan

Kejawen.id – Showalat nariyah memang termasuk ke dalam amalan yang sering dilantunkan oleh umat Islam. Terlebih jika sholawat nariyah dapat dibaca sebanyak 313 kali, karena dipercaya di dalam bacaan tersebut banyak memiliki fadhilah dan manfaatnya.

Sebagaimana diketahui, sholawat nariyah merupakan bacaan yang sering dilantunkan oleh umat muslim untuk berdoa kepada Allah SWT dan sebagai pujian kepada Nabi Muhammad SAW. Oleh karena itu, banyak umat Islam mengamalkan dengan cara membaca sholawat nariyah sebanyak 313 untuk mendapatkan fadhilah dari Allah SWT.

Tidak hanya itu, sholawat nariyah juga dipercaya dapat memberikan banyak manfaat serta kedahsyatan ketika seseorang sering mengamalkannya. Namun, jika kalian ingin mendapatkan fadhilah atau manfaat dari bacaan sholawat nariyah ini kalian harus bisa membacanya sebanyak 313 kali.

Memang bagi seseorang yang awam, nantinya akan terasa sangat berat untuk mengamalkan sholawat nariyah sebanyak 313 kali. Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas secara lengkap mengenai fadhilah sholawat nariyah 313 kali beserta kisah nyata, kedahsyatan amalan sholawat nariyah, hingga cara dan waktu untuk mengamalkannya.

Kisah Nyata Baca Sholawat Nariyah 313 Kali

Diceritakan dari salah korban bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur bernama Wagiman, salah satu warga selamat dari terjangan erupsi tersebut. Dimana rumah dan belasan hewan ternaknya juga selamat, hal tersebut lantaran dirinya rutin membaca atau melantunkan fadhilah sholawat nariyah 313 kali tiap waktu.

Kisah nyata pengamal sholawat nariyah tersebut diungkapkan oleh Kh Miftah Maulana atau akrab disapa Gus Miftah pada saat meninjau, dan memberikan bantuan kepada korban bencana erupsi Gunung Semeru. Subhanallah walhamdulillah Allahu akbar keajaiban itu benar terjadi, dimana rumah pak Wagiman benar-benar utuh disaat rumah di sekitarnya hancur.

Gus Miftah penasaran lalu menanyakan kepada Wagiman tentang amalan apa yang membuatnya selamat dari erupsi Gunung Semeru. Kemudian Wagiman menjawab, bahwa amalan tersebut beliau sering membaca sholawat nariyah 313 kali katanya.

Seperti diketahui, sholawat nariyah adalah salah satu amalan untuk meraih syafaat Rasulullah SAW. Sholawat nariyah juga menjadi salah satu fadhilah atau saran bagi muslim untuk bermunajat serta bertawasul kepada nabi Muhammad SAW agar bisa dihindarkan dari bala atau bencana.

Fadhilah Sholawat Nariyah 313 Kali

Seperti sudah disinggung di awal, sholawat nariyah merupakan termasuk salah satu amalan yang sering dilantunkan oleh kaum muslimin. Banyak terkandung fadhilah dan manfaat dalam sholawat nariyah 313 jika dibaca 313 kali. Karena bacaan sholawat dipercaya dikalangan muslim Indonesia ini diciptakan oleh seseorang bernama As-Sanusy.

Dengan demikian, ada juga pendapat menyebut Syekh Nariyah sebagai pencipta sholawat nariyah seperti dinukil dari buku Sholawat Populer susunan Suhaidi Ghazali dan Shabri Shaleh Anwar. Dimana Syekh Nariyah kerap kali mengamati upaya keras dari Rasulullah dalam menyampaikan wahyu Allah SWT. Maka, beliau tidak pernah putus mendoakan sang Rasul.

Berikut bunyi lantunan sholawat nariyah dari bahasa Arab, Latin dan artinya:

أللّهُمَّ صَلِّ صَلَاةً كَامِلَةً وَسَلِّمْ سَلَامًا تَامًّا عَلىٰ سَيِّدِنَا مُحَــمَّدِ ࣙالَّذِيْ تَنْحَلُّ بِهِ الْعُقَدُ وَتَنْفَرِجُ بِهِ الْكُرَبُ وَتُقْضٰى بِهِ الْحَوَائِجُ وَتُنَالُ بِهِ الرَّغَائِبُ وَحُسْنُ الْخَوَاتِمِ وَيُسْتَسْقَى الْغَمَامُ بِوَجْهِهِ الْكَرِيْمِ وَعَلىٰ اٰلِهِ وِصَحْبِهِ فِيْ كُلِّ لَمْحَةٍ وَنَفَسٍ بِعَدَدِ كُلِّ مَعْلُوْمٍ لَكَ

Allâhumma shalli shalâtan kâmilatan wa sallim salâman tâmman ‘alâ sayyidinaa Muhammad alladzî tanhallu bihil ‘uqadu wa tanfariju bihil kurabu wa tuqdhâ bihil hawaaiju wa tunâlu bihir raghâ-ibu wa husnul khawaatimi wa yustasqal ghamâmu biwajhihil karîmi wa ‘alâ âlihi wa shahbihî fi kulli lamhatin wa nafasin bi-‘adadi kulli ma’lûmil laka

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah rahmat dan keselamatan sempurna kepada junjungan kami Nabi Muhammad dengan perantaranya dapat melepas segala kerepotan atau ikatan, menghilangkan segala kesusahan, mendatangkan segala hajat, tercapainya husnul khatimah, dan terpenuhi segala keinginan, diturunkan hujan dari awan berkat wajahnya yang mulia dan juga kepada keluarganya dan sahabatnya dalam setiap kedipan mata dan tarikan napas, sebanyak pengetahuan Engkau miliki.”

Kedahsyatan Sholawat Nariyah

Sholawat nariyah merupakan salah satu bentuk ibadah dan doa kepada Allah SWT dan mempunyai banyak keutamaan dan serta fadhilah bagi umat islam. Berikut beberapa kedahsyatan atau fadhilah jika kalian mengamalkan showalat nariyah sebanyak 313 kali:

1. Terhindar dari Penyakit dan Mara Bahaya

Salah satu fadhilah sholawat nariyah yaitu bahwa membacanya setelah sholat subuh dan maghrib sebanyak 313 kali, diyakini bisa menyelamatkan seseorang dari berbagai macam mara bahaya dan penyakit. Hal tersebut menunjukkan kekuatan doa serta perlindungan yang diberikan oleh Allah kepada orang yang rajin mengamalkan showalat nariyah.

2. Melancarkan Rezeki

Selain memiliki fadhilah terhindar dari penyakit dan mara bahaya, sholawat nariyah juga dipercaya memiliki kedahsyatan dapat membantu melancarkan rezeki seseorang. Hal ini berdasarkan kepercayaan umat Islam bahwa dengan beribadah serta berdoa, Allah juga diyakini akan memberikan berkah dalam rezekinya mereka yang sering mengamalkan sholawat nariyah.

3. Meringankan Kesedihan dan Masalah

Mengamalkan sholawat nariyah sebanyak 313 kali juga dianggap sebagai bacaan bisa membantu untuk menghadapi kesedihan dan masalah. Ketak seseorang mengalami saat-saat sulit, jika membaca sholawat nariyah bisa memberikan ketenangan serta membantu dalam mencari solusi atas masalah yang dihadapinya.

4. Dikabulkan Permohonannya oleh Allah SWT

Menurut Syekh Al-Qurthubi, jika kalian membaca sholawat nariyah sebanyak 313 kali dalam satu duduk atau satu majelis maka Allah akan mengabulkan fadhilah atau hajat dan permohonan kalian. Tidak hanya itu, kalian juga akan dibebaskan dari musibah yang membahayakan. Hal tersebut, menunjukkan bahwa sholawat nariyah mempunyai fadhilah doa besar dan bisa mendatangkan berkah dari Allah SWT.

Waktu dan Cara Mengamalkan Sholawat Nariyah 313 kali

Salah satu hadis Terpopuler yang membuat rajin kita untuk mengamalkan sholawat nariyah ialah, bahwa Rasulullah SAW bersabda “Siapa membaca shalawat untukku, Allah akan membalasnya 10 kebaikan, diampuni 10 dosanya, dan ditambah 10 derajat baginya.”

Lalu bagaimana kita bisa mencapai manfaat tersebut? Terdapat beberapa cara mengamalkan sholawat nariyah, adapun cara dan waktu untuk mengamalkan sholawat nariyah menurut M Syafi’i dalam buku berjudul Terjemahan Yasin Fadhilah adalah sebagai berikut:

Pertama, bagi kalian ketika mengalami kesusahan karena kehilangan barang, ada baiknya membaca sholawat nariyah sebanyak 313 kali. Maka, atas kehendak Allah insya Allah barang yang hilang tersebut akan cepat kembali. Jika, barang tersebut tidak dikembalikan oleh sang pencuri maka orang tersebut akan mengalami musibah atas kehendak Allah.

Kedua, untuk dapat melancarkan rezeki, menjauhkan dari gangguan jahat, atau memudahkan hajat cepat tercapai dapat membaca sholawat nariyah sebanyak 313 kali. Bisa dibaca sendirian atau juga bisa dilakukan secara berjamaah.

Ketiga, sholawat nariyah dibaca sebanyak 40 kali setiap hari dan memberikan manfaat untuk bisa menghilangkan segala macam kesusahan, memudahkan pekerjaan, menerangkan hati, meluhurkan pangkat, dan bisa menghindarkan malapetaka dan perbuatan buruk.

Selanjutnya, sholawat nariyah dapat diamalkan secara rutin setelah sholat fardhu, baik sebanyak 11 kali, 41 kali, bahkan 100 kali, kembali lagi dengan kapasitas masing-masing tidak dianjurkan untuk memaksa sesuai 313 kali. Sholawat nariyah ada baiknya juga bisa dibacakan setelah sholat 5 waktu, disarankan untuk membaca sholawat nariyah 11 kali, hal tersebut untuk menjaga dari bal atau musibah lahir dan batin.

Dengan demikian, jika fadhilah sholawat nariyah dibacakan sebanyak 313 kali tidak hanya merupakan bentuk penghormatan cinta kepada Nabi Muhammad SAW. Tetapi juga menjadi sarana untuk mendapatkan berbagai fadhilah dan manfaat dalam kehidupan sehari-hari beserta perlindungan dari Allah SWT.

Kesimpulan

Demikianlah pembahasan mengenai fadhilah atau rahasia-rahasia di balik sholawat nariyah jika kalian membacanya sebanyak 313 kali. Semoga kita semua selalu taat beribadah dan berdoa kepada Allah untuk senantiasa mendapatkan keberkahan, kesehatan, keselamatan di dunia maupun di akhirat.

Tinggalkan komentar