Cara Mengamalkan Hizib Maghrobi, Bacaan dan Efek Samping

Kejawen.id – Hizib maghrobi merupakan salah satu hizib sebagai amalan dzikir yang dipelajari oleh penganut tarekat dan ilmu hikmah. Jika seseorang mengamalkan hizib maghrobi dengan cara benar, hizib tersebut diyakini bisa membentengi diri dari segala tipu daya musuh dan setan.

Diketahui bahwa hizib maghrobi juga berbeda dengan hizib barqi dan ratib, walaupun sama-sama mengandung ayat Al-Qur’an serta doa. Karena hizib maghrobi banyak sirr (rahasia tersembunyi) dan ada tata cara mengamalkan sedikit berbeda pada hizib lainnya.

Sehingga hizib maghrobi diyakini memiliki fadhilah diluar nalar batas manusia pada umumnya. Oleh karena itu, bagi seseorang yang akan mengamalkan hizib maghrobi harus benar dan memiliki keikhlasan hati paling dalam.

Nah, buat kalian di luar sana masih merasa bingung apa sebenarnya makna dan khasiat yang terkandung dalam bacaan hizib maghrobi? Maka ada baiknya simak penjelasan di bawah ini sampai selesai, karena kami akan membahas secara lengkap mulai dari pengertian, cara mengamalkan hizib maghrobi hingga manfaatnya.

Hizib Maghrobi Adalah

Hizib maghrobi adalah salah satu ilmu gaib atau kebatinan sangat terkenal di dunia spiritual. Hizib maghrobi merupakan bacaan langka, sebab ilmu ini tidak sembarang orang bisa memilikinya. Sehingga Hizib Maghrobi juga jadi salah satu amalan dzikir yang dipelajari oleh penganut dan ilmu hikmah. Karena hizib tersebut diyakini dapat membentengi diri dari segala tipu daya musuh dan setan.

Sebelum lanjut membahas cara mengamalkan hizib maghrobi, perlu diketahui hizib maghrobi pertama kali dihimpun oleh Syeikh Maulana Muhammad. Beliau adalah seorang ulama besar berasal dari Maghribi (sebuah negeri di kawasan Afrika Utara atau dikenal dengan Maroko).

Menurut Pustaka Sunni Salafiyah, secara bahasa hizib berarti tentara. Sedangkan secara istilah, hizib merupakan suatu kumpulan amalan dan dzikir khusus cukup populer di kalangan masyarakat Islam, khususnya para pengamal tarekat dan santri.

Sehingga hizib maghrobi dimiliki hanya segolongan orang tertentu saja, begitu terpatri dalam ingatan serta meresap dalam diri sang pengamal, hizib maghrobi memiliki manfaat multi fungsi untuk dapat membantu mewujudkan segala cita-cita oleh pengamalnya.

Bacaan Hizib Maghrobi

Sebelum lanjut membahas cara mengamalkan hizib maghrobi, perlu diketahui penjelasan secara umumnya. Seperti sudah disinggung di awal hizib adalah bacaan khusus dihimpun oleh seorang Syeikh dan diberikan kepada muridnya dengan ijazah yang jelas.

Sebab, doa tersebut diyakini oleh sebagian masyarakat Islam, termasuk salah satunya santri dan pengamal tarekat. Karena amalan ini memiliki daya energi spiritual besar, dan tentunya daya serta kekuatan tersebut bukan datang dari jin, melainkan dari Allah SWT.

Karena hizib maghrobi merupakan himpunan berisikan dzikir, doa-doa, dan wirid yang bersumber dari ayat Al-Qur’an. Khususnya bacaan serta dzikir dilantunkan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT dan Rasul-Nya. Nah, berikut lafaz bacaan hizib maghrobi:

  • Ilaa hadhratin nabiyyil musthafaa sayyidinaa wa habiibinaa wa syafii’inaa rasuulillaah muhammad ibni ‘abdillaah shallallaahu ‘alaihi wa aalihi wa sallam, Al-Fatihah.
  • Ilaa hadhratil malaaikatil muqarrabiin wa hum jibraaiil wa mikaaiil wa israafiil wa ‘izraaiil wa munkar wa nakiir wa raqiib wa ‘atiid wa malik wa ridhwaan, Al-Fatihah.
  • Ilaa arwaahisy syaikh ‘abdul qaadir al jaylaanii qaddasallaahu sirrahul ‘aziiz, Al-Fatihah.
  • Ilaa khushuushan chairil anwar yang sudah mengijazahkan amalan maghrobi ini, Al-Fatihah.
  • Ilaa khushuushan…….( ucapkan nama lengkap orang yang ingin didoakan beserta bin/bintinya), Al-Fatihah.
  • Bismillahirrohmanirrohim 500x.
  • Waidza bathosthum bathosthum jabbarin 500x.
  • Ya qowiyyu ya matin 500x.
  • Allohumma sholli ala muhammad 500x.
  • Ya bathin 500x.
  • Ya ghoni 500x.

Cara Mengamalkan Hizib Maghrobi

Seperti diketahui, hizib maghrobi menjadi sekedar bacaan awam apabila cara mengamalkan tidak mengerti dosis hizib serta tidak tersambung sanad ijazahnya. Pengijazahan tersebut bukan berarti memiliki guru yang shalih, dan tidak mengenal siapa yang di ijazahkan sehingga tidak tahu bacaan tepat dan tidak mengenal rahasianya. Untuk cara pertama kalian bisa bertawasul dengan membaca bacaan berikut:

Ilaa Hadratinnabiyyil Musthofa Sayydinaa wa Habiibinaa Rasuulillaahi Sallahi Muhammad ibni ‘Abdillah Shollallaahu ‘Alaihi wa sallam, wa tsumma ilaa arwaahi aabaaiHi wa ikhwaanihi minal Ambiya iwal Mursaliin wal Auliaa wasy Syuhada washulahaa wal Aqthaab wal Amjad wal Autad wal Afrood war Rijaalul Ghoib was Saadengki ‘ibaadillaaHish Sholihiin wa Ali kulli minhum waShahaabatiHi ajma’iin,Wa tsumma ilaa arwaahi jamii’il muslimiina wal muslimaat wal muminiina wal muminaatil ahyaai minhum wal amwaat. Annallaha yaghfirulahum wa yarhamuhum wa yu’lii darojaatihim fil Jannah. wa annallaaha yangfa’unaa bi karamaatihim, wa asroorihim wa anwaarihim wa ‘uluumihim wa nafahaatiHim wa barakaatiHim. Bir Ridhoowal Qobuul, syaiulillaaHi Lahumul FaatihaH…(dilanjutkan dengan membaca surat Al-Fatihah 1 kali)

Cara kedua kalian bisa tawasulan khusus untuk amalan hizib maghrobi:

  1. Ilaa hadhratin Nabiyyil Musthafaa Sayyidinaa wa Habiibinaa wa Syafii’inaa RasuulillaaH Muhammad ibni ‘AbdillaaH shallallaaHu ‘alaiHi wa aaliHi wa sallam, Al Fatihah.
  2. Ilaa hadhratil Malaaikatil Muqarrabiin wa Hum Jibraaiil wa Mikaaiil wa Israafiil wa ‘Izraaiil wa Munkar wa Nakiir wa Raqiib wa ‘Atiid wa Malik wa Ridhwaan, Al Fatihah.
  3. Ilaa arwaahisy Syaikh ‘Abdul Qaadir Al Jaylaanii QaddasallaaHu sirraHul ‘aziiz, Al Fatihah.
  4. Ilaa khushuushan Chairil Anwar yang sudah mengijazahkan amalan maghrobi ini, Al Fatihah.
  5. Ilaa khususkan…….( ucap nama komplit kita dan ibu kita ), Al Fatihah.

Wirid hizib maghrobi:

  • Wirid 1: Bismillahirrohmanirrohim
  • Wirid 2: Waidza bathosthum bathosthum jabbarin
  • Wirid 3: Ya qowiyyu ya matin
  • Wirid 4: Allohumma sholli ala muhammad
  • Wirid 5: Ya bathin
  • Wirid 6: Ya ghoni

Cara membuka amalan wirid pertama:

  • Adapun wirid 1 sampai 6 dibaca selama tiga hari atau tujuh hari berturut-turut.
  • Setiap bacaan dibaca sebanyak 5 putaran tasbih.
  • Setiap putaran membaca 100 kali, jadi total 500 kali.
  • Bacaan tersebut dibaca setiap malam Jumat atau sebulan sekali .

Manfaat Mengamalkan Hizib Maghrobi

Setelah mengetahui cara mengamalkan hizib maghrobi, jika kalian sungguh dan benar mengamalkan hizib tersebut maka nantinya kalian akan mendapatkan manfaatnya. Seperti diketahui, kandungan dari hizib maghrobi ini sebagaimana halnya dengan hizib-hizib pada umumnya adalah sebagai amalan untuk keselamatan mutlak bagi pemiliknya.

Manfaat pertama dipercaya dapat memberikan keselamatan dari segala mara bahaya, ancaman dan tipu daya musuh, menolak segala keburukan dan merugikan, menolak santet, serta akan mampu mengembalikan kepada pengirimnya, menarik segala kebaikan dan keberkahan dalam hal apapun.

Selain itu, hizib maghrobi juga memberikan keselamatan serta menghindari diri dari tipu muslihat musuh, menolak sihir, dan kejahatan, memudahkan segala urusan, dan lainnya. Adapun khasiat serta manfaat mengamalkan hizib maghrobi dapat terjadi semata-mata bila ada izin dari Allah SWT.

Efek Samping Hizib Maghrobi

Selain memiliki manfaat banyak, sebagian orang juga mengatakan bahwa hizib tersebut dapat memiliki efek samping. Oleh karena itu jika seseorang memiliki ilmu kebatinan tidak boleh sembarangan menggunakannya, apalagi untuk menyakiti orang lain, jelas itu dilarang. Berikut beberapa efek samping mengamalkan hizib maghrobi:

  • Badan gemetar.
  • Hati dan jantung berdetak sangat cepat.
  • Tatapan mata seakan-akan menjadi sangat tajam dan penuh optimis.
  • Merasa ada makhluk lain mengikuti kita.
  • Batin menjadi tajam.
  • Memiliki jiwa spiritual tinggi.
  • Menjadi lebih peka terhadap makhluk-makhluk gaib.

Peringatan:

Amalan hizib maghrobi ini hanya diperuntukkan untuk orang benar-benar ikhlas menjalankannya tanpa mahar, serta tidak diperkenankan amalan tersebut menjadi referensi dipergunakan untuk hal-hal tidak benar tau disalahgunakan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang cara mengamalkan hizib maghrobi beserta manfaat dan efek sampingnya. Oleh karena itu, jika kalian mengamalkan hizib ini jangan sekali-kali untuk berbuat hal tidak dianjurkan. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan dan ilmu buat kalian mengetahui ilmu-ilmu kebatinan yang bisa kalian amalkan.

Tinggalkan komentar