Khodam Getah Katilayu, Misteri, Cara Mendapatkan dan Manfaat

Kejawen.id – Kalian pernah mendengar tentang pohon katilayu? Di mana tanaman satu ini dipercaya memiliki getah dan kekuatan Supranatural. Selain itu, getah katilayu juga diyakini memiliki tuah atau khodam.

Seperti diketahui, getah katilayu merupakan getah yang dihasilkan dari batang katilayu. Dalam kepercayaan di Indonesia sendiri, khususnya masyarakat Jawa mempercayai bahwa getah katilayu itu memiliki khodam dan juga khasiat di luar nalar.

Namun, keberadaan pohon katilayu saat ini sangat langka dan sangat sulit untuk kita temukan. Saking langkanya, banyak orang percaya bahwa getah katilayu memiliki kemampuan Supranatural atau berisi khodam.

Oleh sebab itu, jika di antara kalian penasaran sebenarnya apa khodam getah katilayu itu sendiri? Nah, pada kesempatan ini kami akan memberikan ulasan mengenai misteri getah katilayu hingga manfaat dari getah katilayu tersebut.

Misteri Getah Katilayu

Untuk mendapatkan getah yang berasal dari pohon katilayu itu tidak mudah. Pasalnya, pohon katilayu sendiri tidak menghasilkan getah seperti halnya pada pohon karet. Jadi untuk mendapatkan getah katilayu hanyalah orang-orang pilihan serta memiliki hati sejalan yang bisa mendapatkan getah dari pohon katilayu.

Konon, karena sulitnya proses untuk mendapatkan getah pohon katilayu, maka dari situlah pohon katilayu dipercaya mempunyai tuah, magis dan diyakini juga berisi khodam. Di mana banyak sekali tuah dan ilmu gaib yang bisa dihasilkan dari pohon katilayu, seperti contoh untuk menarik lawan jenis, meningkatkan kewibawaan hingga memancarkan aura positif lainnya.

Selain itu, kekuatan getah katilayu juga tergantung dari tempat pohon tersebut tumbuh dan tata cara mendapatkannya. Sehingga sampai sekarang, banyak masyarakat Indonesia khususnya Jawa sudah lama akan tuah dari pohon getah katilayu tersebut. Salah satu tuah atau khodam paling dikenal dari getah katilayu yaitu sebagai media untuk memancing ikan.

Maka, tentu saja tuah itu berasal dari energi alami getah pohon katilayu dan prosesi tertentu untuk menyempurnakannya. Tidak hanya itu, ternyata kepercayaan tersebut terdapat juga di beberapa suku bangsa lain, tidak hanya di bangsa Indonesia saja. Diketahui, orang Betawi juga menyebutnya sebagai Itilayu.

Sedangkan orang Jawa menyebutnya Kapilayu/Katilayu/Klayu/Kilalayu, tetapi dari berbagai nama tersebut secara umumnya orang menyebutnya yaitu pohon katilayu. Sementara dalam bahasa latin dikenal dalam kelompok kingdom Plantae (tumbuhan), Divisi Magnoliophyta (tanaman berbunga), kelas magnoliopsida (tumbuhan dikotil).

Dimana dalam batang katilayu yang mengeluarkan getah memang hampir mirip dengan pohon damar atau karet. Batang tersebut berbentuk gumpalan, sehingga banyak orang menyebutnya Blendok Katilayu. Seperti diketahui, bahwa getah katilayu juga terdapat pada cambium berfungsi sebagai penghantar makanan dari akar untuk pembentukan ranting.

Khodam Getah Katilayu

Sebagaimana diketahui, khodam mustika getah katilayu dibagi menjadi beberapa jenis, serta masing-masing jenisnya mempunyai tingkatan atau level tertentu. Hal tersebut tergantung dari jenis khoodam yang terdapat di dalam katilayu. Tentu hal ini juga dipercaya bahwa pada beberapa batu mustika getah katilayu itu memiliki khodam hebat.

Diyakini juga kalau mustika tersebut berisi khodam, harganya mencapai jutaan rupiah hingga ratusan juta. Nah, berikut jenis-jenis mustika getah katilayu yang berisi khodam di antaranya adalah.

1. Gentar atau Getah Katilayu Coklat

Pertama, getah katilayu warna coklat mempunyai ciri-ciri berwarna coklat tua ataupun coklat muda. Jika dilihat secara seksama getah katilayu mempunyai warna mirip dengan warna kemenyan, namun saat disorot dengan lampu maka akan tembus cahaya, dan cahayanya juga akan berwarna merah kecoklatan, bisa muda maupun juga coklat tua.

2. Blendok Katilayu Kuning

Jenis getah katilayu kuning adalah jenis dengan level satu tingkat di atas getah katilayu coklat. Karena memiliki warna dominan kuning dengan beberapa varian coklat muda, dan ketika disorot menggunakan lampu senter maka akan terlihat warna kuning.

3. Getah Katilayu Hitam

Biasanya getah katilayu berwarna hitam banyak orang menyebut getah kurang bagus, karena katilayu warna hitam tidak tembus saat disorot menggunakan senter. Khodam getah katilayu ini memiliki warna dominan hitam, sehingga getah katilayu hitam menempati level terendah pada tingkatan kekuatan khodam getah katilayu.

4. Getah Katilayu Merah

Getah katilayu merah adalah salah satu paling banyak dicari, karena warna getah katilayu merah memiliki urutan level tertinggi dari ketiga warna di atas. Biasanya orang menyebutnya yaitu getah katilayu api, karena ketika disorot akan mengeluarkan cahaya seperti bara api.

Selain itu, ketika warna merahnya disorot nantinya bisa muncul ke permukaan. Sehingga jika dilihat secara seksama akan terlihat seperti bara api. Getah katilayu merah sangat susah untuk didapatkan karena dipercaya juga memiliki khodam yang sangat bagus.

Cara Mendapatkan Khodam Getah Katilayu

Menurut orang Jawa kuno, konon getah katilayu yang mengandung tuah atau khodam tidak mudah untuk didapatkan. Karena getah katilayu yang asli bertuah hanya bisa didapatkan dari batang katilayu dengan berusia tua, serta tidak semua batang katilayu juga bisa menghasilkan mustika.

Namun, ada juga sebagian orang berpendapat bahwa mustika tersebut juga bisa diambil dari alam gaib. Hal tersebut tentu tidak akan mudah, hanya para praktisi spiritual, dukun, atau parnaromal yang ahli di bidang tentang gaib.

Maka dari itu, biasanya orang yang mencari khodam getah katilayu ini adalah bagi seseorang hobi memancing. Maka dari itu, untuk mendapatkan getah katilayu ini harus didampingi dengan para Supranatural ataupun dukun.

Cara Menggunakan Getah Katilayu

Nah, setelah mengeti bagaimana cara mendapatkan getah katilayu bertuah. Maka sekarang kami akan membahas terkait dengan cara menggunakannya. Perlu diketahui, cara pemakaian pertama khodam getah katilayu pertama yaitu didasarkan dari tujuan sang pemilik.

Jika hendak digunakan untuk penglaris dagangan tentu berbeda caranya ketika ingin digunakan untuk jimat memancing. Hal ini juga berbeda jika ingin digunakan untuk media penarik lawan jenis (pengasihan). Namun, jika dilihat secara garis besarnya cara ini cukup mudah.

Caranya adalah menggunakan khodam mustika getah katilayu dengan cukup dibawa kemana saja ketika hendak pergi. Kalian cukup meletakkannya di kantong saku celana ataupun tas. Namun perlu diketahui, ketika kalian ingin kencing atau masuk ke dalam toilet ada baiknya mustika atau barang yang berisi khodam ini jangan di bawa masuk atau cukup di letakkan di tempat sekitar.

Sementara untuk digunakan sebagai jimat mancing, kalian cukup dengan merendam getah katiayu pada segelas air, kemudian air hasil rendaman getah katilayu dicampurkan ke dalam umpan pancing. Selain itu, kalian juga bisa langsung menempelkan getah katilayu pada umpan pancingnya.

Manfaat Khodam Getah Katilayu

Seperti sudah disinggung di atas, biasanya getah katilayu yang bertuah atau berisi khodam ini dipercaya memiliki khasiat dan manfaat. Sehingga banyak orang hingga kini mencari getah katilayu untuk berbagai kepentingan.

Namun, biasanya getah katilayu ini digunakan untuk memancing. Tidak hanya itu saja, getah katilayu juga memiliki manfaat lainnya. Adapun manfaat lain tersebut adalah sebagai berikut.

1. Mampu Menarik Ikan dengan Mudah

Khodam getah katilayu diyakini mampu menarik ikan dengan sangat mudah, sehingga banyak dimanfaatkan oleh para nelayan atau orang yang hobinya mancing. Di mana ketika hendak memancing kalian cukup mencelupkan getah katilayu ke dalam air.

Dalam hitungan sekejap ikan akan segera berdatangan dari segala penjuru serta melihat umpan dan makanannya. Namun, apabila kalian malas untuk mencelupkan tangan ke dalam air, kalian cukup menjadikan getah katilayu menjadi pemberat pada joran atau tangkai pancing.

2. Membuat Intuisi Lebih Tajam

Mustika getah katilayu ini juga dipercaya akan membuat intuisi kalian lebih tajam, sehingga tindakan-tindakan yang kalian ambil akan lebih tepat sasaran. Contohnya saat menentukan lokasi untuk memancing.

Dengan menggunakan mustika getah katilayu berkhodam, nantinya daya energi dalam pikiran akan tertuju dan tepat untuk memilih lokasi pemancingan yang dihuni banyak ikannya.

3. Menambah Keberuntungan

Selain memiliki manfaat untuk meningkatkan hasil memancing banyak, getah katilayu juga dipercaya bisa menambah keberuntungan dalam hidup kalian. Hal tersebut karena terdapat energi positif pada getah katilayu bisa menarik keberuntungan dan menetralkan aura negatif yang pada tubuh.

4. Menghilangkan Stres

Terakhir, selain sebagai media untuk memancing, getah katilayu bisa juga digunakan untuk perhiasan seperti cincin, gelang, kalung hingga anting. Di mana ketika energi di dalam getah katilayu tersebut nantinya akan terpancar dan membuat pikiran yang tadinya stres akan menjadi lebih tenang.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai khodam getah katilayu disertai misteri, cara mendapatkan dan menggunakan hingga manfaatnya. Percaya atau tidak, tapi nyatanya getah katilayu hingga saat ini masih menjadi kepercayaan banyak orang. Semoga artikel di ini bisa menambah wawasan kalian mengenai berbagai misteri atau mitos getah katilayu.

Tinggalkan komentar