Doa Memakai Batu Pirus, Macam, Pantangan dan Khasiat

Kejawen.id – Sebagaimana diketahui, memakai batu pirus menjadi bagian dari gaya hidup seseorang. Namun, sayangnya tidak semua orang ketika memakai batu akik pirus ini hanya sebatas menggunakan saja tanpa dibarengi dengan membaca doa.

Padahal sangat penting untuk kalian, termasuk wanita maupun pria saat memakai batu akik jenis pirus itu harus membaca doa. Sebab, kita tidak tahu akan isi dari batu tersebut bertuah atau tidak.

Selain itu, batu pirus merupakan salah satu batu permata sangat dihargai karena keindahan dan keunikannya. Selain memiliki keindahan, saat memakai batu pirus juga dipercaya memiliki berbagai manfaat jika dibarengi dengan doa.

Lantas apa doa ketika memakai batu pirus ini? Nah, jika kalian ingin mengetahui bacaan doa tersebut, maka ada baiknya simak pembahasan lengkapnya di bawah ini karena kami membahas mulai dari pengertian, macam-macam batu pirus, pantangan hingga khasiatnya.

Apa Itu Batu Pirus?

Batu pirus merupakan salah satu jenis permata cukup bernilai. Oleh masyarakat umum, batu ini juga dikenal dengan nama permata turquoise. Di mana ciri batu pirus memiliki ciri khas yaitu biru mudah dan kehijauan. Karena itulah, sesuai dengan warnanya batu pirus disebut sebagai permata turquoise.

Tidak hanya itu, batu pirus pada umumnya dapat ditembus oleh cahaya serta sebagian lagi tidak. Batu ini sudah ada sejak zaman Mesir kuno, biasanya digunakan untuk perhiasan bagi raja-raja dan anggota kerajaan. Batu pirus juga menjadi perhiasan untuk orang meninggal sebelum dikuburkan.

Sebagian orang juga percaya bahwa batu pirus bisa digunakan untuk alat pelindung, penyembuhan, hingga pemberi keberuntungan, asalkan orang tersebut mengetahui doa memakai batu pirus ini.

Selain itu, batu pirus asli itu mudah dibedakan dengan batu pirus palsu atau tiruan berdasarkan tingkat kekerasannya yang hampir mirip dengan batu bacan. Adapun warna kehijauan pada batu pirus menandakan bahwa batu tersebut mengandung besi, serta sangat jarang batu ini ditemukan berwarna kuning.

Macam-Macam Batu Pirus

Macam Macam Batu Pirus

Sebelum lanjut membahas doa memakai batu pirus, kalian juga perlu mengetahui macam-macam batu pirus. Sebab di zaman sekarang banyak orang mencari berbagai cara untuk meniru barang palsu atau buatan hanya kepentingan pribadi.

Oleh sebab itu, sangatlah penting bagi pecinta batu akik di mana pun berada. Seperti diketahui, ciri-ciri unik menjadikan batu pirus jadi favorit dikalangan para kolektor, seperti popularitas batu akik dikalangan pecinta batu.

Memakai batu pirus tidak hanya menjadi objek untuk koleksi, melainkan juga mempunyai peran penting dalam sejarah peradaban kuno dari Mesir hingga peradaban Lembah Sungai Indus. Sebab, batu pirus dihargai dengan simbol keindahan dan keanggunan.

Maka tidak heran hingga kini, batu pirus masih banyak diminati dan diaplikasikan dalam sebuah perhiasan, termasuk cincin dengan beberapa varietas yang mencapai harga jual tinggi. Sehingga dapat menambah daya dari batu pirus ini sebagai barang berharga. Adapun macam-macam batu pirus di antaranya seperti.

  • Batu Pirus Royston Turquoise.
  • Batu Pirus Number Eight Turquoise.
  • Batu Pirus Sonoran Gold Turquoise.
  • Batu Pirus Red Mountain Turquoise.
  • Batu Pirus Kingman Turquoise.
  • Batu Pirus Dry Creek Turquoise.
  • Batu Pirus Carico Lake Turquoise.
  • Batu Pirus Sleeping Beauty Turquoise.
  • Batu Pirus Ithaca Peak Turquoise.
  • Batu Pirus Golden Hill Turquoise.

Doa Memakai Batu Pirus

Berkaitan dengan doa memakai batu pirus itu sebenarnya hampir sama dengan doa memakai cincin. Sebab, batu pirus kebanyakan banyak dijadikan sebuah permata karena memiliki keunikan tersendiri dari warnanya.

Seperti diketahui, sekarang tidak hanya wanita saja yang memakai batu pirus sebagai permata. Melainkan, banyak para laki-laki sekarang juga memakai batu pirus untuk sebuah aksesoris.

Jadi, kapanpun apabila kalian ingin memakai batu pirus, maka hendaklah memulai dengan bisimillah dan membaca doa berikut:

كَانَ خَاتَمُ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مِنْ وَرِقٍ وَكَانَ فَصُّهُ حَبَشِيًّا

Allohumma sawwimnii bi simaa-il iimaan wakhtimlii bi khoirin waj’al ‘aaqibatii ilaa khoirin innaka antal a’azzul akrom.

Artinya: “Ya Allah, catatlah aku dengan tanda-tanda keimanan, dan akhirilah aku dengan kebaikan, dan jadikan akhir urusanku dengan kebaikan, sesungguhnya Engkau Maha Mulia.”

Sebagaimana diketahui, bahwa doa di atas juga disebutkan dalam Makarimul Akhlaq di bawah ini:

ويقول عند لبس الخاتم: اَللَّهُمَّ سَوِّمْنِيْ بِسِيْمَاءِ اْلاِيْمَانِ وَاخْتِمْ لِيْ بِخَيْرٍ وَاجْعَلْ عَاقِبَتِيْ اِلَى خَيْرٍ اِنَّكَ اَنْتَ اْلاَعَزُّ اْلاَكْرَمُ

Dan hendaknya ketika seseorang baik pria maupun wanita ketika memakai cincin batu pirus mengucapkan: Allohumma sawwimnii bi simaa-il iimaan wakhtimlii bi khoirin waj’al ‘aaqibatii ilaa khoirin innaka antal a’azzul akrom (Ya Allah, catatlah aku dengan tanda-tanda keimanan, dan akhirilah aku dengan kebaikan, dan jadikan akhir urusanku dengan kebaikan, sesungguhnya Engkau Maha Mulia).

Selain itu, segala bentuk dan barang apapun saat kita pakai tentu tidak serta merta membuatnya menjadi sombong serta angkuh. Sebaliknya, segala kenikmatan yang dimiliki hendaklah menjadikan hamba senantiasa mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Seperti tertuang firman Allah dalam surah Ar-Rad ayat 111:

لَهٗ مُعَقِّبٰتٌ مِّنْۢ بَيْنِ يَدَيْهِ وَمِنْ خَلْفِهٖ يَحْفَظُوْنَهٗ مِنْ اَمْرِ اللّٰهِ ۗاِنَّ اللّٰهَ لَا يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتّٰى يُغَيِّرُوْا مَا بِاَنْفُسِهِمْۗ وَاِذَآ اَرَادَ اللّٰهُ بِقَوْمٍ سُوْۤءًا فَلَا مَرَدَّ لَهٗ ۚوَمَا لَهُمْ مِّنْ دُوْنِهٖ مِنْ وَّالٍ

Artinya: “Baginya (manusia) ada malaikat-malaikat yang selalu menjaganya bergiliran, dari depan dan belakangnya. Mereka menjaganya atas perintah Allah. Sesungguhnya Allah tidak akan mengubah keadaan suatu kaum sebelum mereka mengubah keadaan diri mereka sendiri. Dan apabila Allah menghendaki keburukan terhadap suatu kaum, maka tak ada yang dapat menolaknya dan tidak ada pelindung bagi mereka selain Dia”.

Pantangan Memakai Batu Pirus

Setelah mengetahui doa memakai batu pirus, kami akan memberikan sedikit informasi terkait dengan pantangan ketika memakai batu pirus. Mengapa memakai batu akik jenis pirus itu ada pantangannya? Karena batu pirus ini mempunyai benang merah dengan tradisi para raja serta ulama-ulama besar kuno.

Memang memakai batu pirus adalah sebuah kebiasaan kalangan keluarga keraton, bahkan hingga raja seperti seperti di masa Sultan Abdurrahman. Oleh karena itu, saat memakai batu pirus ada pantangan dan aturannya.

Seperti diketahui, batu pirus itu harus dipakai di jari tangan kanan. Entah apa yang menjadi latar belakang dengan hal tersebut, sampai saat ini juga belum diketahui. Memang tidak ada aturan tertulisnya, terapi hal tersebut sudah menjadi salah satu pantangan tradisi kuno.

Oleh sebab itu, karena tidak ada hukum tertulis, maka jika kalian memakai batu pirus itu sah-sah saja dipakai di jari kiri maupun jari kanan kalain. Namun, ketika memakai batu akik pirus di tangan kanan rupanya sudah menjadi kebiasaan dikalangan para ulama besar jaman dulu.

Khasiat Memakai Batu Pirus

Tidak hanya sebagai perhiasan atau permata karena keindahan warna batu pirus. Namun, ketika mengetahui doa memakai batu pirus juga diyakini memiliki banyak khasiat di dalamnya.

Ketika memakai batu pirus tersebut memiliki berbagai khasiat serta manfaat, baik secara fisik maupun metafisik. Berikut beberapa khasiat jika kalian memakai batu pirus akik di antaranya adalah:

  • Memperkuat keberanian.
  • Menenangkan pikiran diri sendiri.
  • Memperkuat hubungan interpersonal.
  • Menarik rezeki atau kemakmuran.
  • Memperbaiki kesehatan fisik.
  • Meningkatkan daya energi serta dan vitalitas.
  • Dapat melindungi diri dari energi negatif.
  • Meningkatkan intuisi.
  • Mempercepat proses penyembuhan dari berbagai macam penyakit.

Maka dari itu, jika kalian ingin mendapatkan khasiat-khasiatnya maka ada baiknya saat memakai batu pirus dibarengi dengan membaca doa yang sudah kami berikan di atas secara rutin.

Kesimpulan

Batu pirus merupakan salah satu batu yang sudah ada sejak zaman kerajaan Mesir kuno. Di mana batu pirus ini juga memiliki khasiat energi di dalamnya, baik secara fisik maupun metafisik. Demikian pembahasan terkait doa saat memakai batu pirus, semoga bermanfaat dan menjadi referensi bagi pecinta dikalangan batu akik di Nusantara.

Tinggalkan komentar