Cara Mengamalkan Latudrikuhul Absoru, Arti dan Khasiat

Kejawen.id – Bagi semua manusia, surga adalah menjadi tujuan akhir bagi setiap jiwa yang beriman. Dalam perjalanannya, Allah SWT memberikan kepada kita berbagai amalan untuk membuka pintu keberkahan, salah satunya yaitu dengan cara mengamalkan Latudrikuhul Absoru.

Karena Latudrikuhul Absoru memiliki keistimewaan tersendiri yang mampu menyucikan jiwa dan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Maka, dengan cara mengamalkan Latudrikuhul Absoru senantiasa diberikan kemudahan dalam menjalankan kehidupan baik di dunia maupun di akhirat kelak.

Akan tetapi, banyak orang di luar sana hanya mengetahui ayatnya saja dan tidak mengetahui arti dan cara mengamalkan Latudrikuhul Absoru. Padahal jika mengetahui cara tersebut dipercaya akan memiliki banyak sekali khasiat yang terkandung dari ayat tersebut.

Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami akan membahas secara mendalam tentang cara mengamalkan Latudrikuhul Absoru, mulai dari arti hingga khasiat. Maka dari itu, simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

Arti Latudrikuhul Absoru

Latudrikuhul Absoru adalah salah satu penggalan dari Surat Al-An’am ayat 103. Di mana surat tersebut menjelaskan tentang sifat Allah SWT yang tidak dapat dilihat. Sebagaimana diketahui, Allah itu bersifat immateri sehingga tidak bisa di jangkau oleh penglihatan manusia.

لَا تُدْرِكُهُ الْاَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْاَبْصَارَۚ وَهُوَ اللَّطِيْفُ الْخَبِيْرُ

Latudrikal absoru wa huwa yudrikul absooro wa huwalathiiful khoiru

Artinya: “Dia tidak dapat dicapai oleh penglihatan mata, sedang Dia dapat melihat segala penglihatan itu, dan Dialah Yang Mahahalus, Mahateliti.”

Jadi, arti Latudrikuhul Absoru mangandung pujian serta kesempurnaan. Selain itu, Allah merupakan zat Mahatinggi sehingga wajib dipuji dengan sesuatu yang melekat pada ketiadaan mutlak. Allah nanti tetap bisa dilihat, namun tidak dapat dilihat serta dicapai oleh penglihatan mata biasa.

Hal tersebut terjadi karena keagungan dan kemuliaan yang melekat pada-Nya. Maka dari itu, dengan cara mengamalkan Latudrikuhul Absoru menjadi salah satu kita memuji atau percaya adanya Allah SWT. Selain itu, Allah juga menjelaskan keagungan dan hakikatnya sebagai penegasan akan sifat-sifatnya yang sudah dijelaskan dalam ayat tersebut.

Akan tetapi, ketentuan tersebut hanya berlaku di dunia saja karena di akhirat kelak, manusia beriman akan diberikan keistimewaan untuk bisa melihat Allah SWT. Seperti dalam sebuah hadist, Rasalullah SAW bersabda:

“Sesungguhnya kalian akan melihat Rabb kalian sebagaimana kalian melihat bulan ini. Kalian tidak akan kesulitan (ragu) ketika melihatnya. Jika kalian mampu untuk tidak ketinggalan shalat sebelum terbitnya fajar dan sebelum terbenamnya matahari maka lakukanlah.” (HR. Bukhari).

Cara Mengamalkan Latudrikuhul Absoru

Cara Mengamalkan Latudrikuhul Absoru

Perlu diketahui, mengamalkan Latudrikuhul Absoru harus memerlukan kesungguhan hati dan niat tulus kepada Allah SWT. Sebab, doa Latudrikuhul Absoru mengandung makna bahwa Allah tidak bisa dilihat, di jangkau atau dicapai oleh akal maupun indera manusia.

Namun, Tuhan mampu melihat segala hal tanpa batas. Dengan mengamalkan Latudrikuhul Absoru sendiri bisa mengajarkan kita semua untuk tunduk serta mengakui keterbatasan manusia kepada-Nya. Adapun cara mengamalkan amalan tersebut adalah sebagai berikut.

1. Persiapkan Diri dan Niat

Cara mengamalkan pertama sebelum melakukan sholat, bersihkan diri dengan wudhu dan niat. Karena dalam keadaan bersih atau suci dan niat baik bisa membantu meningkatkan konsentrasi. Ikhlas dalam mengamalkan Latudrikuhul Absoru sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. Selain itu, pastikan niat kalian murni untuk mendekatkan diri kepada-Nya.

2. Duduk dengan Tenang

Setelah cara pertama selesai, dilanjutkan dengan cara kedau yaitu pilih tempat yang tenang dan nyaman supaya kalian bisa berkonsentrasi penuh. Kalian juga memastikan tidak ada gangguan dari lingkungan sekitar.

Hal tersebut karena merupakan salah satu panggilan kepada Allah yang berarti “Engkau tidak bisa melihat dengan pandangan mata”. Oleh karena itu, renungkan makna spiritualnya dan bagaimana kalian bisa menghubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

3. Baca Doa Secara Khusyuk

Ketika membaca Latudrikuhul Absoru, bacalah secara khusyuk, merenung dengan penuh keimanan. Lalu, luangkan waktu untuk memahami makna dari setiap kata yang kalian ucapkan.

Kalian bisa mengulangi membaca Latudrikuhul Absoru berkali-kali, kemudian menghubungkan dengan doa-doa kalian atau menggunakan momen tersebut dalam merenungkan makna kalimat Latudrikuhul Absoru.

4. Renungan

Cara mengamalkan Latudrikuhul Absoru ini bisa kalian renungkan dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana kalian tidak bisa mencapai Allah melalui pandangan mata, namun bisa merasakan kehadirannya lewat tindakan baik, kasih sayang, hingga kebijaksanaan di sekitar kalian.

5. Memperbaiki Diri

Mengamalkan Latudrikuhul Absoru juga menjadi salah satu untuk kita memperbaiki diri. Maka dari itu, selalu usahakan menjadi pribadi yang baik, menjauhi larangan-larangan dan tindakan yang tidak Ridhoi oleh Allah. Dengan perubahan positif dalam perilaku serta karakter, kalian akan mendekatkan diri kepada Tuhan.

6. Amalkan Setiap Hari

Bacalah Latudrikuhul Absoru setiap hari agar mendapatkan manfaat yang maksimal, amalkan Latudrikuhul Absoru baik di pagi hari maupun malam hari, Jangan lupa selalu memperbaiki niat beserta memohon ampunan kepada Allah.

7. Doa

Jika sudah, selalu akhiri amalan dengan cara berdoa kepada Allah, memohon pengampunan, petunjuk, dan berkah-Nya. Karena mengamalkan amalan ini tidak hanya tentang kata-kata, melainkan tentang perubahan dalam pikiran, tindakan serta hubungan kalian.

Surat Al An’am Ayat 103

Nah, seperti sudah disinggung di awal, Latudrikuhul Absoru adalah salah satu penggalan surat Al-An’am ayat 103. Berikut kalimat surat Al-An’am ayat 103 dalam bahasa arab:

ا تُدْرِكُهُ الْاَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْاَبْصَارَۚ وَهُوَ اللَّطِيْفُ الْخَبِيْرُ ۝١٠٣

lâ tudrikuhul-abshâru wa huwa yudrikul-abshâr, wa huwal-lathîful-khabîr

Artinya: Dia tidak dapat dijangkau oleh penglihatan mata, sedangkan Dia dapat menjangkau segala penglihatan itu. Dialah Yang Mahahalus lagi Mahateliti.

وَمَا لَهُم بِهِ مِنْ عِلْمٍ ۖ إِن يَتَّبِعُونَ إِلَّا الظَّنَّ ۖ وَإِنَّ الظَّنَّ لَا يُغْنِي مِنَ الْحَقِّ شَيْئًا ۚ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَفْعَلُونَ

“Mereka tidak mempunyai pengetahuan tentang hal itu, mereka tidak mengikuti kecuali dugaan semata. Sesungguhnya dugaan itu tidak dapat menggantikan kebenaran sedikit pun. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka kerjakan.” (QS. Al-An’am [6]: 103)

Dijelaskan dari tafsir Wajiz, yakni dalam menguatkan uraian sifat-sifat Allah seperti yang disebut di atas. Kemudian Allah menyatakan bahwa Ia tidak bisa dicapai dalam bentuk apapun oleh penglihatan mata, sedangkan Ia dapat menjangkau serta melihat dengan sejelas-jelasnya penglihatan itu.

Khasiat Mengamalkan Latudrikuhul Absoru

Setelah kalian mengetahui arti Latudrikuhul Absoru, sekarang mari simak sebetulnya apa saja khasiat dari ayat Kunci Latudrikuhul Absoru jika dijadikan sebagai salah satu amalan. Jika kalian mengamalkan Kunci Latudrikuhul Absoru dengan tatacara yang benar serta sungguh-sungguh, maka khasiatnya sangat luar biasa.

Kami bisa katakan amalan Latudrikuhul Absoru merupakan amalan multi fungsi. Berikut beberapa khasiat Latudrikuhul Absoru.

  • Dijauhkan dari fitnah dan mudahkan menari rezeki.
  • Dicintai banyak orang baik dalam pekerjaan, keluarga, serta masyarakat.
  • Memiliki kekuatan daya tubuh.
  • Dapa meredam kemarahan seseorang.
  • Terhindar dari ilmu sihir, santet, dan sebagainya.
  • Terbuka mata batinnya.
  • Dapat melihat atau peka akan makhluk gaib.
  • Untuk pengobatan penyakit kronis.

Kesimpulan

Jadi, Latudrikuhul Absoru merupakan salah satu doa yang diyakini mempunyai keutamaan khusus dalam tradisi agama Islam. Meski tidak ada sumber ke utama Islam, tetapi banyak umat Islam mengamalkan Latudrikuhul Absoru dengan penuh keyakinan, bahwa amalan tersebut membawa khasiat spiritual dan perlindungan dari Allah SWT.

Tinggalkan komentar