Manfaat Wirid Ya Batin, Arti, Cara Mengamalkan dan Meneladani

Kejawen.id – Sebagaimana diketahui, Asmaul Husna adalah 99 nama dan sifat Allah SWT wajib untuk kalian ketahui serta diteladani bagi setiap umat Islam. Termasuk wirid Ya Batin, yakni memiliki arti tersembunyi dan manfaat akan hakikat zat dan sifatnya.

Sebab, meneladani serta mengamalkan wirid Ya Batin akan memberikan manfaat hingga berdampak positif bagi umat Muslim. Selain itu, jika nama dan sifat Allah diteladani, iman seseorang akan semakin kuat dan diberikan kesabaran ketika menghadapi berbagai masalah.

Maka dari itu, di zaman sekarang memang banyak orang lupa akan sifat-sifat dan nama Allah yang tercantum dalam Asmaul Husna. Padahal dari ke 99 nama tersebut diketahui ada salah satu manfaat luar biasa yaitu jika seseorang mengamalkan wirid Ya Batin.

Oleh karena itu, pada kesempatan ini kami tertarik ingin membahas arti Ya Batin. Lantas apa manfaat wirid Ya Batin itu sendiri? Maka, ada baiknya kalian bisa simak pembahasan lengkapnya sebagai berikut.

Apa Arti Ya Batin?

Asmaul Husna adalah 99 nama dan sifat Allah SWT wajib diteladani bagi setiap umat Muslim. Asmaul Husna memiliki arti nama baik dan indah, oleh karena itu bagi setiap orang meneladani Asmaul husna akan menerima syafaat. Maka dari itu, salah satu nama baik Allah SWT harus kalian pelajari yaitu wirid Ya Batin.

Di mana hikmah ataupun manfaat yang dapat dipetik dari wirid Ya batin akan membantu kalian dalam kehidupan sehari-hari, baik di dunia dan akhirat kelak. Lantas apa arti Ya Batin? Secara bahasa Ya Batin mempunyai arti sesuatu di dalam atau sesuatu tersembunyi.

Ya Batin sendiri memiliki makna Allah itu tersembunyi akan hakikat zat serta sifat-Nya, tetapi bukan berarti tidak nyata. Justru kehadiran Allah SWT itu sangat nyata, hanya saja pandangan manusia tidak bisa menatapnya. Jangankan Allah, manusia biasa sendiri pun bahkan tidak mempunyai kemampuan untuk melihat jin dan setan.

Hal tersebut juga tertuang dalam beberapa dalil Asmaul Husna Ya Batin seperti berikut.

Surat Al-Hadid ayat 3

هُوَ الْاَوَّلُ وَالْاٰخِرُ وَالظَّاهِرُ وَالْبَاطِنُۚ وَهُوَ بِكُلِّ شَيْءٍ عَلِيْمٌ

Artinya: “Dialah Yang Awal, Akhir, Zahir dan Batin; dan Dia Maha Mengetahui segala sesuatu.”

Surat Al-Jinn ayat 26-27

عٰلِمُ الۡغَيۡبِ فَلَا يُظۡهِرُ عَلٰى غَيۡبِهٖاَ حَدًا ۙ‏ ٢٦ۤ

Artinya: “Dia Mengetahui gaib, tetapi Dia tidak memperlihatkan kepada siapa pun tentang gaib itu”.

اِلَّا مَنِ ارۡتَضٰى مِنۡ رَّسُوۡلٍ فَاِنَّهٗيَسۡلُكُ مِنۡۢ بَيۡنِ يَدَيۡهِ وَمِنۡ خَلۡفِهٖرَصَدًا ۙ‏ ٢٧

Artinya: “Kecuali kepada rasul yang diridai-Nya, maka sesungguhnya Dia mengadakan penjaga-penjaga (malaikat) di depan dan di belakangnya”.

Surat Al-An’am ayat 103

لَا تُدْرِكُهُ الْاَبْصَارُ وَهُوَ يُدْرِكُ الْاَبْصَارَۚ وَهُوَ اللَّطِيْفُ الْخَبِيْرُ ۝١٠٣

Artinya: “Dia tidak dapat di jangkau oleh penglihatan mata, sedangkan Dia dapat menjangkau segala penglihatan itu. Dialah Maha halus lagi Maha teliti”.

Manfaat Wirid Ya Batin

Sebagaimana diketahui, manfaat wirid Asmaul Husna Ya Batin dipercaya akan melihat kebenaran dalam berbagai hal. Dengan cara mengamalkan membaca dzikir Ya Batin, niscaya Allah berkehendak akan membuka segala rahasia batin.

Di mana Ya Batin artinya Maha Gaib, maknanya adalah Allah SWT tidak kelihatan zat-Nya atau tersembunyi dari penglihatan manusia. Maka dari itu, dengan mengamalkan bacaan Ya Batin (الْبَاطِنُ) sebanyak 300 kali, setiap selesai sholat fardhu selama 1 bulan, Allah akan mengabulkan segala rahasia batin dari diri sendiri.

Tidak hanya itu, manfaat tersebut juga dapat terasa dalam kehidupan sehari-hari jika kalian mengamalkannya setiap hari. Bahkan, ketika seseorang sering membaca wirid Asmaul Husna terutama wirid Ya Batin akan merasa lebih tenang. Adapun manfaat tersebut di antaranya adalah.

1. Hati Menjadi Lebih Jernih

Dengan mengetahui segala hal di dunia, hati kalian akan terasa lebih jernih. Sehingga kalian mudah dalam menyelesaikan sejumlah masalah hati serta pikiran jernih ketika bayak pikiran atau masalah, maka segera membaca wirid Ya Batin.

Selain bisa melihat segala sisi yang ada di bumi, maka bisa menjadikan seseorang lebih bersyukur. Tak jarang bagi umat Muslim mengamalkan wirid Ya Batin sebagai jalan petunjuk atas apa yang menimpanya.

2. Melihat Hal tidak Bisa Terlihat

Jika kalian rajin membaca wirid Ya Batin sebanyak 300 kali dalam sebulan, bisa membuat seseorang terbuka mata batinnya. Hal tersebut juga atas kehendak Allah agar dapat mengetahui segala rahasia di dunia.

Meskipun demikian, terdapat juga sejumlah cara wajib terpenuhi. Syarat tersebut adalah tidak boleh mengkonsumsi daging dan telur dalam waktu 1 bulan. Jika syarat tersebut kalian jalani dengan baik, maka kemungkinan besar bisa mengetahui apa yang tidak bisa orang lain ketahui.

3. Merasa Aman

Wirid Ya Batin juga memiliki manfaat yakni membuat hati seseorang terasa lebih nyaman dan aman. Sebab, hal tersebut lantaran kalian telah mengetahui apa yang tidak terlihat atas izin Allah SWT. Biasanya ketika terjadi pada sesuatu berbahaya, Allah akan lebih dulu memberikan peringatan melalui mimpi.

Sebagian orang juga meyakini bahwa melalui amalan wirid Ya Batin mampu membuat khodam dalam diri terasa patuh serta tunduk. Supaya amalan tersebut berhasil, kalian harus mengamalkan secara khusyuk dan sungguh-sungguh.

4. Bahagia

Mendapatkan rahasia di dunia tentu menimbulkan rasa bahagia. Bahkan tidak jarang manfaat wirid Ya Batin akan membuat diri sendiri lebih dekat dengan Allah SWT. Dengan demikian, hati lebih terhindar dari segala perbuatan dosa.

Meskipun Ya Batin dapat memberikan manfaat besar serta dapat membuka batin seseorang, tetapi juga tidak boleh untuk disalahgunakan. Hal tersebut memiliki tujuan supaya amalan yang sudah diterapkan tetap menjadikan diri merasa bahagia.

Cara Mengamalkan Wirid Ya Batin

Setelah mengetahui manfaat wirid Ya Batin, sobat Kejawen.id juga perlu mengetahui cara mengamalkan wirid Ya Batin. Maka dari itu, jika kalian ingin merasakan manfaat-manfaat dari wirid ini, maka bisa kalian ikuti cara berikut.

  • Pertama membaca doa pembuka Asmaul Husna sebanyak 1 kali seperti:
    “Bismillahirrohmanirrohiim, laa ilaaha illalloohu wahdahuu laa syariikalah, lahul mulku wa lahul hamdu bi yadihil khoiir, wa hua ‘alaa kulli syai-in qodiir, laa illaha illaa huwa lahul asmaa-ul husnaa”

    Artinya: (Tidak ada Tuhan wajib disembah kecuali hanya Allah yang Esa, tidak ada menyekutui-Nya, bagi-Nya semua kerajaan dan bagi-Nya lah segala puji, diatas kekuasaan-Nyalah segala kebajikan. Dan Dia terhadap sesuatu sangat berkuasa. Tidak ada Tuhan melainkan hanya Dia, memiliki nama-nama indah).
  • Selama satu bulan setiap selesai sholat wajib membaca wirid Ya Batin sebanyak 300 kali.
  • Tutup dengan doa berikut sebanyak 1 kali:
    “Subhana man lahul asmaa-ul husna wash shifaatul ‘ulyaa, subhaanahuu wa ta’alaa ‘amma yaquuluzh zhoolimuuna ‘uluwwan kabiiroo”

    Artinya: (Maha Suci Tuhan memiliki nama-nama indah dan sifat-sifat luhur. Maha suci Dia dan Maha Luhurlah Dia dari perkataan orang-orang zalim dengan keluhuran yang sebesar-besarnya)

Cara Meneladani Ya Batin

Seperti sudah disinggung di awal, Ya Batin memiliki arti Maha Tersembunyi. Jadi bisa ditarik benang merah adalah tidak ada seseorang pun yang bisa melihat Allah hingga tiba waktunya nanti. Namun, bukan berarti kalian cuek dan tidak meneladani Ya Batin.

Sehingga seseorang bisa meneladani wirid Ya Batin termasuk salah satunya lewat cara senantiasa terus menjaga perilaku dan hak Allah serta Rasulullah. Sebagai kesayangan Allah, Rasul dan Nabi tidak pernah secara sengaja melanggar hal yang telah ditentukan.

Terlebih manusia, apapun yang dikerjakan pasti Allah akan mengetahui dan mencatat secara sempurna. Selain itu, dalam meneladani sifat Ya Batin yaitu kalian tetap menjaga kerendahan hati seperti contoh berbuat kebaikan, maka simpanlah kebaikan tersebut untuk pribadi. Jadi, tak perlu memamerkan kepada siapapun hanya untuk mendapatkan pengakuan.

Kesimpulan

Manfaat wirid Ya Batin sangatlah besar salah satunya yaitu dapat memberikan rahasia muka bumi yang tidak bisa terlihat oleh mata orang lain. Dengan demikian, kalian bisa mengamalkan wirid Ya Batin yang sudah kami berikan di atas agar senantiasa tetap meneladani sifat dan nama-nama Allah.

Tinggalkan komentar