Khasiat Ya Karim Ya Wahab 300 Kali, Pengalaman dan Artinya

Kejawen.id – Seperti diketahui, Asmaul Husna merupakan nama-nama Allah SWT yang ampuh dan mustajab untuk sarana berdoa. Di mana setiap masing-masing nama memiliki khasiat dan fadhilah sendiri, seperti salah satunya Ya Karim Ya Wahab.

Selain memiliki arti luar bisa, Ya Karim Ya Wahab juga dipercaya mempunyai bayak khasiat dalam kehidupan. Karena, arti Ya Karim Ya Wahab ini masuk dalam daftar rahasia dzikir yang disarankan oleh Rasulullah untuk hambanya.

Adapun arti Ya Karim Ya Wahab adalah dzat yang Maha Mulia. Maka, dari itu bagi siapapun yang mengamalkan atau dzikir Ya Karim Ya Wahab akan diberikan khasiat dan kemuliaan hingga dijanjikan tidak akan miskin seumur hidup.

Lantas apa khasiat dan arti yang terkandung dalam Ya Karim Ya Wahab? Nah, jika kalian penasaran akan khasiat dan artinya, maka ada baiknya simak pembahasan lengkapnya di bawah ini.

Arti Ya Karim Ya Wahab

Sebagaimana diketahui, Allah SWT memiliki sejumlah nama-nama indah yang disebut Asmaul Husna. Di mana kepemilikan nama tersebut dimaksudkan sebagai zat Allah melalui penyebutan sesuai dengan sifat-Nya, serta penegasan bahwa hanya Allah merupakan pemilik asma terbaik.

Terdapat firman Allah yang berisi pernyataan tentang Asmaul Husna seperti yang tertuang dalam surat Al-A’raf ayat 180.

وَلِلّٰهِ الْاَسْمَاۤءُ الْحُسْنٰى فَادْعُوْهُ بِهَا

Wa lillāhil-asmā`ul-ḥusnā fad’ụhu bihā

Artinya: Allah memiliki Asmaul Husna (nama-nama terbaik). Maka, mohonlah kepada-Nya dengan menyebut (Asmaul Husna) itu.

Sudah diketahui, bahwa nama-nama Allah adalah 99, adapun salah satu di antaranya yakni Ya Karim Ya Wahab. Pertama yaitu Ya Karim, Ya Karim atau Al Karim berarti Allah Maha Mulia. Ya Karim juga bermakna Maha Pemurah atau Maha Dermawan.

Bukti bahwa Allah SWT merupakan Ya Karim ditunjukkan melalui penganugerahan kemuliaan kepada makhluk ciptaannya seperti Al-Qur’an, para Nabi dan Rasul, dan manusia. Hal tersebut sesuai dalam surat Al-Isra ayat 70.

وَلَقَدْ كَرَّمْنَا بَنِيْٓ اٰدَمَ وَحَمَلْنٰهُمْ فِى الْبَرِّ وَالْبَحْرِ وَرَزَقْنٰهُمْ مِّنَ الطَّيِّبٰتِ وَفَضَّلْنٰهُمْ عَلٰى كَثِيْرٍ مِّمَّنْ خَلَقْنَا تَفْضِيْلًا

Wa laqad karramnā banī ādama wa ḥamalnāhum fil-barri wal-baḥri wa razaqnāhum minaṭ-ṭayyibāti wa faḍḍalnāhum ‘alā kaṡīrim mim man khalaqnā tafḍīlā

Artinya: Sungguh, Kami telah memuliakan anak cucu Adam dan Kami angkut mereka di darat dan di laut. Kami anugerahkan pula kepada mereka rezeki dari baik-baik dan Kami lebihkan mereka di atas banyak makhluk Kami ciptakan dengan kelebihan sempurna.

Sedangkan Ya Wahab sendiri artinya Sang maha pemberi yang menurunkan rahmat-Nya kepada siapa saja sepanjang masa. Allah SWT adalah Maha Dermawan tanpa membeda-bedakan, Ia memberi untuk mereka yang membutuhkan atau pun tidak membutuhkan, kepada mereka yang baik maupun jahat.

Secara bahasa, kata Ya Wahab berasal dari kata W-H-B dalam bahasa Arab Klasik memiliki arti sebagai memberi tanpa mengharap imbalan, memberi untuk bentuk hadiah yang didonasikan, memberikan hadiah, mencurahkan rahmat-Nya tanpa pandang bulu.

Khasiat Ya Karim Ya Wahab

Seperti diketahui, Asmaul Husna memang terdiri dari 99 nama dan sifat-sifat Allah. Seperti salah satunya Ya Karim Ya Wahab Ya Dzatthouli diyakini memiliki berbagai macam khasiat dan artinya.

Maka dari itu, hendaknya bagi umat Muslim harus memperbanyak zikir Ya Karim Ya Wahab sebanyak 300 kali, agar senantiasa mendapatkan sejumlah keutamaan bagi yang melafalkannya. Berikut khasiat Ya Karim Ya Wahab dan kegunaannya.

1. Memberikan Rizqi

Memberikan rizqi banyak tanpa susah payah dan selalu mendapatkan kegembiraan dengan cara yang paling mudah dan ringan.

قال الامام احمد بن علي البوني رضي الله عنه في منبع اصول الحكمة ص.205
واما اسمه تعالى كريم : فمن لازم على ذكره اعطاه الله رزقه من غير تعب ولا تمسه فاقة الا ويعقبها الفرج على اسهل ما يكون
واذا اضيف اليه الوهاب وذوالطول كان من العجائب.

Artinya: Al-Imam Ahmad bin Ali al-buni dalam kitab Mambau Usulil Hikmah berkata:
Adapun asma Allah ya karim itu barang siapa melanggengkan dzikir dengan asma tersebut maka Allah akan memberinya rizqi banyak tanpa susah payah tak pernah tersentuh kesulitan, kefakiran dan selalu mendapatkan kegembiraan dengan cara paling mudah dan ringan, apa lagi kalau asma AL KARIM di gabung dengan Al WAHHAB DZATH THOULLI YA ALLAH itu merupakan keajaiban luar biasa.

واعلم ان اسمه الكريم والوهاب وذالطول اسماء جليلة فان استدام ذكرها من قتر عليه رزق سهل الله له من حيث لايشعر

Artinya: Dan ketahuilah bahwa asma Allah Al-Karim Al-wahab Dzat thauli adalah asma-asma yang agung. Bila orang lambat rizqinya berdzikir dengan asma-asma tersebut maka Allah memudahkan baginya rizqi banyak tanpa terasa.

2. Memberikan Kenikmatan

Khasiat Ya Karim Ya Wahab lainnya diyakini memberikan kenikmatan zohir dan batin dalam segala hal di atas kebutuhannya (turahmaturah dalam segala hal apapun).

وقال شمس العلماء ابو عبد الله الكوفي رحمه الله تعالى ذاكر الاسم يجد الزيادة في جميع احواله وبوسع الله عليه نعمه ظاهرة وباطنة. منبع اصول الحكمة ص.206

Artinya: Mataharinya Ulama Syekh Abu Abdillah Al Kufi berkata : Orang berdzikir dengan nama tersebut (al-Karim, al-wahab, dzat thauli) akan mendapatkan kelebihan dalam segala hal dan Allah akan memperluas / memperbanyak kenikmatan zhohir dan bathin kepadanya.

3. Mendapatkan Keberkahan Hidup

Terakhir, yakni diyakini bahwa orang yang sering membaca Ya Karim Ya Wahab adalah akan mendapatkan keberkahan tiada tara. Selain itu, mendapatkan ilmu banyak, rizqi banyak dan melimpah diatas kebutuhan yang tidak bisa terbayangkan oleh benak siapapun.

وقال الامام احمد بن على البونى رضي الله عنه
واما اسمه تعالى الكريم والوهاب وذواالطول فلا يذكرهم احد الا اتاه الله مالم يخطر على باله. من وسع الرزق والعلم. ولايدرى الطالب من اين اتاه ولا كيف رزقه. ومن نقشهم فى كيس ووضع فيه دراهم بغير وزن ولاعدد وانفق منه لم تنفذ تلك الدراهم ولو مر على ذلك ايام واعوام.
اهـ منبع اصول الحكمة. ص. 43

Artinya: Imam Ahmad bin ali Al-Buni penulis kitab syamsul Ma`arif berkata: “Adapun Asma Al-karim, Al-wahhab, Dzutthouli itu, tak ada seorangpun mengucapkannya ( berdzikir dengan Asma-asma tersebut ) keculi Allah memberikan kepadanya keluasan rizqi dan ilmu yang tidak dapat terbayabgkan oleh benaknya (saking luasnya dan banyaknya) dan orang itu tidak tahu darimana Allah memberinya dan bagaimana mencurahkan rizqin.Dan barang siapa yang menulis nya dalam kantong uang atau dompet lalu meletak kan uang didalamnya tanpa mengukur atau menghitungnya kemudian membelanjakannya, maka uang itu tak akan habis walau belanja berjalan berhari-hari, berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Hikayah dari Imam Hasan Basri murid shohabat Nabi Sayyidina Ali RA.

Beliau berkata: Ada seorang shohabat Nabi selalu melanggengkan dzikir Asma-asma tersebut (YA KARIM YA WAHHAB YA DZATTHOULIL, , lalu ia dido`akan oleh Rosulullah SAW dengan do`a barokah sehingga ia bersama empat istri dan keluarganya bisa hidup dalam keadaan serba kecukupan. Ketika ia mati, dibongkarlah peti uang tersebut dengan kapak, kemudian diambil uangnya untuk menafkahi 4 istrinya dan semua anak-anaknya, ternyata peti itu berisi uang, kemudian di bagikan pada semua keluargnya dan masing-masing mendapatkan 80 ribu dirham dari peti itu.

Pengalaman Mengamalkan Ya Karim Ya Wahab

Nah, setelah mengetahui khasiat Ya Karim Ya Wahab, kami juga akan memberikan sedikit pengalaman dari pribadi saya dan para sahabat yang mengamalkan Ya Karim Ya Wahab. Pertama mendengar orang menyuruh untuk mengamalkan Ya Karim Ya Wahab adalah apabila pada sujud terakhir sholat duha sebanyak 41 kali.

Selain itu, menurut dari pengalaman lainnya adalah dengan zikir Ya Karim Ya Wahab sebanyak 300 kali, orang tersebut diberikan rezeki banyak. Maka dari itu, arti dari Ya Karim Ya Wahab adalah Allah memang Maha Memberi dan Maha Besar.

Tidak itu saja, banyak rahasia dan khasiat mengamalkan Ya Karim Ya Wahab. Dari pengalaman saya pribadi setelah mengamalkan Ya Karim Ya Wahab, saya merasakan dan mendapatkan kehebatan dari zikir Ya Karim Ya Wahab, seperti di antaranya adalah.

  • Menjadi kaya dan terkenal.
  • Permintaan cepat dikabulkan.
  • Mencari pekerjaan menjadi mudah.
  • Mampu membayar hutang dengan cepat.
  • Jauh dari kelaparan.
  • Doanya dimakbulkan.

Perlu kami tekankan, bahwa Ya Karim Ya Wahab itu bukan satu-satunya amalan untuk menjemput rezeki. Akan tetapi dzikir Ya Karim Ya Wahab antara salah satu amalan menjemput rezeki. Kalian bisa mengamalkan Ya Karim Ya Wahab pada waktu sholat Duha, Tahajud dan sholat lainnya juga sangat hebat akan khasiat yang dirasakan nantinya.

Kesimpulan

Itulah pembahasan mengenai khasiat Ya Karim Ya Wahab. Jadi, bisa disimpulkan bahwa Ya Karim Ya Wahab adalah salah satu amalan untuk memohon semua permintaan kepada Allah SWT agar semua hajat dan doanya cepat dikabulkan. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan serta informasi tentang amalan, dzikir maupun doa-doa agar kita semua mendapatkan keberkahan dari Allah SWT.

Tinggalkan komentar