Doa Kejawen Keselamatan Paling Ampuh dan Terlengkap

Kejawen.id – Doa Kejawen keselamatan adalah salah satu doa yang selalu di gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Karena dengan membaca doa, ada banyak keutamaan apabila diamalkan secara rutin oleh kita semua.

Dalam sebuah kepercayaan umat beragama, doa Kejawen keselamatan itu memiliki berbagai macam. Mulai dari doa berisi permohonan dan harapan untuk memperoleh keberkahan, kebahagiaan, serta keselamatan dunia akhirat.

Melalui membaca doa keselamatan, kalian bisa terhindar dari hal-hal buruk atau negatif. Akan tetapi, banyak orang belum mengetahui doa Kejawen keselamatan, padahal doa ini sangat penting karena merupakan hal yang dianjurkan.

Ada banyak bacaan doa keselamatan umum buat kalian ketahui dan di amalkan secara rutin. Lalu apa saja sih doa Kejawen keselamatan? Ada baiknya simak beberapa doa keselamatan yang bisa kalian simak di bawah ini.

Apa Itu Doa Kejawen Keselamatan?

Di tanah Jawa khususnya sebagai agama yang majemuk terdapat berbagai macam keyakinan agama yang dianut oleh masyarakat, termasuk agama Hindu, Islam, Buddha, Kristen, dan kepercayaan kepada Tuhan yang maha esa. Akan tetapi, terdapat banyak nilai-nilai budaya yang diwarisi oleh masyarakat Jawa, salah satunya termasuk doa-doa tradisional yang masih dipraktikkan hingga sekarang.

Perlu diketahui, apakah dengan kita membaca doa-doa tersebut diijabah atau tidak tergantung pada keyakinan agama dan kepercayaan masing-masing individu. Karena pada umumnya, doa yang di panjatkan dengan niat baik, penuh keikhlasan, dan sesuai pada ajaran agama atau kepercayaannya kemungkinan memiliki untuk diijabah.

Oleh karena itu, penting buat kalian buat memperhatikan nilai-nilai dan ajaran agama dan kepercayaan masing-masing dalam melakukan doa, supaya doa tersebut bisa memberikan manfaat positif bagi diri sendiri dan orang lain.

Doa Kejawen Keselamatan Lainnya

Dalam sebuah kepercayaan, dengan membaca doa Kejawen keselamatan dapat memberikan hati menjadi tenang dan nyaman. Bacaan doa keselamatan dan perlindungan ini untuk memohon kesehatan, ilmu pengetahuan, rezeki, kebaikan, godaan buruk dan lain sebagainya.

1. Doa Keselamatan dan Perlindungan

Bismillahirrahmannirrahim,
Kun fayakun,
Rinekso dhening Allah,
Jinogo dhening moloekat papat,
Pinayungan dhening poro Nabi,
Lailahailallah,
Muhammadur Rasulullah.

Artinya:
Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih dan maha penyayang,
Jadi maka jadilah,
Dikehendaki oleh Allah,
Dijaga oleh empat malaikat,
Dipayungi oleh para Nabi,
Tiada Tuhan selain Allah,
Muhammad adalah utusan Allah.

2. Doa Kejawen Keselamatan

Sira Hyang Widdhi Wasa Jagad Nata Sarwa Manggala Kaping Sinunggil Bhakti Mulia Kerta Raharja Sira Sang Prabu Sri Maharaja Ratu Hino Ratna Buwana Ngalengka Ing Tanah Jawi Pan Wewengkon Duh Gusti Kerta Raharja Duh Gusti Sira Sang Prabu Sri Maharaja Ratu Hino Ratna Buwana Kula Sri Nara Wangsa Sapta Praja Mangka Negara Mangka Raja Ing Tanah Jawi.

Artinya: Doa tersebut mengandung penghormatan dan permohonan kepada Tuhan Yang Maha Esa, permohonan untuk kelancaran dan kesejahteraan raja dan kerajaan, serta permohonan untuk keselamatan dan kesejahteraan rakyat. Doa Jawa Majapahit ini dianggap sebagai bagian penting dari warisan budaya dan sejarah Jawa yang perlu dilestarikan dan dijaga keberlangsungannya.

3. Doa Bahasa Jawa Agar Selamat dalam Perjalanan

Ibu pertiwi, bopo angkoso,
Kawulo bade lelampahan,
Yai among, kiai among,
Awakmu ngarep, awakmu mburi,
Seger, waras, slamet, saking kersaning Allah.

Setelah membaca doa tersebut , lalu hentakkan kaki tiga kali ke tanah, memantapkan pikiran, dan selalu berhati-hati dalam berkendara.

4. Doa Bahasa Jawa Agar Diberi Keamanan dan Keselamatan

Shallallaahu alaihi wa sallam. Shifatullah, qulhu sungsang, tekenku poro malaekat, Nabiku Nabi Muhammad, luputo kang diarah, kenoho kang ngarang Allahu akbar.

Tata cara mengamalkan doa tersebut yaitu melakukan beberapa tirakat sebelum mengamalkan doa Kejawen keselamatan, di antaranya seperti puasa putih 2 hari. Puasa putih tersebut bertujuan guna membersihkan diri dari aura negatif.

Selama melakukan puasa 2 hari, doa kejawen ini dibaca sebanyak 33 kali sebelum tidur. Ketika malam hari bangunlah untuk menjalankan sholat hajat dilakukan 2 rakaat saja. Kemudian setelah salam, lanjut membaca doa Kejawen ini sebanyak 11 kali dan dilanjutkan membaca surat Al-Fatihah sebanyak 7 kali serta surat Al-falak 77 kali.

5. Doa Memohon Keselamatan

Hong wilaheng ngawigena tata winanti
Mas tuna mas sidhem
Niyat ingsun nyekel menyan
Luhur jati kulite menyan
Dhempul putih kukuse menyan
Sang Hyan Manikmaya putih
Ratuning prahiyangan
Aja gendhak sikara-kara umati
Kangjeng Nabi Muhammad

Dalam bait-bait doa harapan yang dilafalkan para ulama Keraton Kasunanan Surakarta Kanjeng Raden Tumenggung (KRT) Pujo Setiyono Dipura. Di mana dalam bahasa Jawa kuno itu berkumandang di tengah pelataran alas Krendowahono, Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.

6. Kidung Rumekso Ing Wengi

Ana kidung rumekso ing wengi

Teguh hayu luputa ing lara

luputa bilahi kabeh

jim setan datan purun

paneluhan tan ana wani

niwah panggawe ala

gunaning wong luput

geni atemahan tirta

maling adoh tan ana ngarah ing mami

guna duduk pan sirno

Artinya: Ada sebuah kidung doa permohonan di tengah malam. Yang menjadikan kuat selamat terbebas dari semua penyakit. Terbebas dari segala petaka. Jin dan setan pun tidak mau mendekat. Segala jenis sihir tidak berani. Apalagi perbuatan jahat, guna-guna tersingkir. Api menjadi air. Pencuri pun menjauh dariku. Segala bahaya akan lenyap.

Sakehing lara pan samya bali

Sakeh ngama pan sami mirunda

Welas asih pandulune

Sakehing braja luput

Kadi kapuk tibaning wesi

Sakehing wisa tawa

Sato galak tutut

Kayu aeng lemah sangar

Songing landhak guwaning

Wong lemah miring

Myang pakiponing merak

Artinya: Semua penyakit pulang ke tempat asalnya. Semua hama menyingkir dengan pandangan kasih. Semua senjata tidak mengena. Bagaikan kapuk jatuh di besi. Segenap racun menjadi tawar. Binatang buas menjadi jinak. Pohon ajaib, tanah angker, lubang landak, gua orang, tanah miring dan sarang merak.

Pagupakaning warak sakalir

Nadyan arca myang segara asat

Temahan rahayu kabeh

Apan sarira ayu

Ingideran kang widadari

Rineksa malaekat

Lan sagung pra rasul

Pinayungan ing Hyang Suksma

Ati Adam utekku baginda Esis

Pangucapku ya Musa

Artinya: Kandangnya semua badak. Meski batu dan laut mengering. Pada akhirnya semua selamat. Sebab badannya selamat dikelilingi oleh bidadari, yang dijaga oleh malaikat, dan semua rasul dalam lindungan Tuhan. Hatiku Adam dan otakku Nabi Sis. Ucapanku adalah Nabi Musa.

Napasku nabi Ngisa linuwih

Nabi Yakup pamiryarsaningwang

Dawud suwaraku mangke

Nabi brahim nyawaku

Nabi Sleman kasekten mami

Nabi Yusuf rupeng wang

Edris ing rambutku

Baginda Ngali kuliting wang

Abubakar getih daging Ngumar singgih

Balung baginda ngusman

Artinya: Nafasku Nabi Isa yang teramat mulia. Nabi Yakub pendengaranku. Nabi Daud menjadi suaraku. Nabi Ibrahim sebagai nyawaku. Nabi Sulaiman menjadi kesaktianku. Nabi Yusuf menjadi rupaku. Nabi Idris menjadi rupaku. Ali sebagai kulitku. Abu Bakar darahku dan Umar dagingku. Sedangkan Usman sebagai tulangku.

Sumsumingsun Patimah linuwih

Siti aminah bayuning angga

Ayup ing ususku mangke

Nabi Nuh ing jejantung

Nabi Yunus ing otot mami

Netraku ya Muhammad

Pamuluku Rasul

Pinayungan Adam Kawa

Sampun pepak sakathahe para nabi

Dadya sarira tunggal

Artinya: Sumsumku adalah Fatimah yang amat mulia. Siti Aminah sebagai kekuatan badanku. Nanti Nabi Ayub ada di dalam ususku. Nabi Nuh di dalam jantungku. Nabi Yunus di dalam otakku. Mataku ialah Nabi Muhammad. Air mukaku rasul dalam lindungan Adam dan Hawa. Maka lengkaplah semua rasul, yang menjadi satu badan.

Bagi orang Jawa, tentang doa Kejawen keselamatan atau kidung bisa menjadi sarana untuk refleksi hidup. Karena lewat berdoa dapat menyingkirkan segala macam gangguan, baik terlihat maupun tidak terlihat (gaib). Melalui banyak berdoa kita selalu mendekatkan diri kepada Tuhan yang Maha Esa, sehingga dapat terhindar dari kutukan dan malapetaka.

Kesimpulan

Demikian pembahasan tentang beberapa doa Kejawen keselamatan mulai pengertian, kumpulan doa-doa Kejawen keselamatan beserta artinya. Semoga informasi di atas bisa menjadi referensi ketika kalian bingung mencari doa-doa keselamatan.

Tinggalkan komentar