Amalan Wajib Cipta Sejati, Syarat dan Tingkatan Sabuk

Kejawen.id – Sebagaimana diketahui, Cipta Sejati atau disebut CS merupakan sebuah institut seni bela diri yang mengajarkan teknik ilmu tenaga dalam. Untuk memperoleh ilmu mumpuni penggabungan beberapa unsur juga harus dibarengi lewat amalan wajib Cipta Sejati.

Hal tersebut dikarenakan langkah-langkah untuk mengembangkan dan meningkatkan manfaat ilmu Cipta Sejati. Selain itu, Cipta Sejati sendiri mengutamakan ilmu atau amalan wajib agar bermanfaat dan memiliki unsur kesaktian dalam bela diri.

Di zaman modern saat ini, memang banyak aliran bela diri hanya menggali diri dari unsur kesaktiannya saja sehingga cenderung disalahgunakan. Oleh sebab itu, dari Cipta Sejati memberikan amalan wajib kepada murid maupun pengikutnya agar tidak bertentangan dengan sifat-sifat energi Illahi.

Maka dari itu, dalam membaca amalan wajib sebagai salah satu unsur Cipta Sejati yang paling penting adalah adanya penjiwaan diri sendiri. Nah, pada kesempatan ini kami akan mengulas mulai dari pengertian, syarat dan kelemahan hingga tingkatan sabuk.

Apa Itu Cipta Sejati?

Cipta Sejati adalah sebuah Institut Seni Bela Diri Silat atau suatu organisasi perguruan yang mengajarkan “Tenaga Dalam” yang sudah dikembangkan atau diambil dari tenaga inti. Cipta Sejati juga dikenal dengan istilah Prana atau Chi (ki), atau selanjutnya disebut dengan CS.

Cipta Sejati memiliki manfaat penting bagi peserta latih yaitu dapat meningkatkan dan memelihara kesehatan, pengobatan diri sendiri maupun orang lain. Di mana kewaskitaan secara umum juga digunakan untuk mengatasi semua problem gangguan dalam kehidupan, baik nyata (fisik) maupun non fisik (gaib).

Akan tetapi, keilmuan amalan wajib Cipta Sejati bersifat defensif yang berarti bisa bekerja pada saat terdesak saja, yakni ketika ingin membela diri. Jadi, Cipta Sejati tidak dapat digunakan untuk menyerang seseorang, karena setiap siswa dibimbing secara moral untuk bisa naik tingkat dituntut untuk mengamalkan amalan serta mengembangkan Cipta Sejati.

Selain itu, nilai-nilai ajaran Islam dalam Cipta Sejati wajib menjadi landasan utama sebagai salah satu ilmu pendekatan, pemahaman, serta pengembangan keilmuan Cipta Sejati setiap anggota. Di mana setiap anggotanya sangat dianjurkan berhubungan dengan makhluk gaib.

Syarat dan Manfaat Amalan Wajib Cipta Sejati

Cipta Sejati menerapkan berbagai latihan seperti senam pernafasan, gerakan jurus silat, konsentrasi atau pemusatan dan pemanfaatan tenaga dalam atau prana. Seperti diketahui, Cipta Sejati sendiri berpusat di Banjarmasin, dan sebenarnya sudah mulai hadir serta melakukan kegiatan di kota Medan dan sekitarnya sejak tahun 1998.

Seperti sudah dijelaskan di atas, ketika mengamalkan amalan wajib Cipta Sejati, seseorang harus mengikuti dan menjalankan syarat-syarat wajib. Di mana seseorang ketika ingin bergabung dengan Cipta Sejati harus mengikuti empat pantangan atau ketentuan yang tidak boleh dilanggar secara mutlak, di antaranya:

  • Tidak boleh melawan kepada orang tua (durhaka).
  • Tidak boleh makan daging babi.
  • Tidak boleh merusak pagar ayu,
  • Tidak boleh meminum alkohol (mabuk).

Selain diatas, terdapat satu larangan sebagai pelengkap yaitu tidak boleh sombong. Jika, seseorang ingin bergabung dengan Cipta Sejati harus menyetujui empat ketentuan, serta satu larangan tersebut. Jika mampu, selanjutnya akan diperkenalkan serta menguasai 10 jurus dasar amalan wajib atau jurus Cipta Sejati.

Jika seseorang nantinya sudah bergabung, Cipta Sejati bisa digunakan untuk memelihara serta meningkatkan kesehatan atau pengobatan diri sendiri maupun orang lain untuk bidang kesehatan. Di mana kewaskitaan dan secara umum juga digunakan untuk mengatasi semua problem gangguan dalam kehidupan, baik secara fisik maupun non fisik.

Sebab, Cipta Sejati seperti energi pelindung yang bisa memahami kebutuhan seseorang. Sehingga untuk dapat naik ke tingkat lebih tinggi, seseorang dituntun untuk mengamalkan amalan wajib Cipta Sejati dan mengembangkan ilmunya sebagai kebaikan. Hal tersebut secara tidak langsung dapat mendidik anggotanya agar tetap dalam kebaikan serta semakin mendalami nilai-nilai ajaran agama Islam.

Amalan Wajib Cipta Sejati

Untuk memperoleh kualitas amalan dan ilmu yang mumpuni penggabungan unsur adalah langkah-langkah wajib dalam mengembangkan, serta meningkatkan manfaat ilmu Cipta Sejati supaya mengutamakan manfaat dari kesaktian.

Di mana pada saat ini masih banyak aliran bela diri hanya menggali dari unsur keasktiannya saja, sehingga cenderung di salah gunakan. Oleh sebab itu, wajib bagi seseorang dianjurkan dalam menggunakan amalan wajib Cipta Sejati tidak boleh ke hal-hal yang bertentangan dengan sifat energi Illahi.

Karena kesaktian atau kekuatan Cipta Sejati akan timbul sesuai melalui kekuatan, kehendak dan keyakinan diri individu yang manfaatnya lebih dari sakti. Maka dari itu, dalam membaca amalan Cipta Sejati sebagai salah satu unsur ilmu Cipta Sejati paling didominasi perlu adanya penjiwaan.

Pada umumnya amalan wajib merupakan doa, akan tetapi doa yang bagaimana? Sesungguhnya Allah juga telah berfirman dalam Al-Qur’an yang berbunyi:

Barang siapa memohon kepadaku (Allah SWT) dengan sungguh-sungguh niscaya akan Aku kabulkan. Dari dasar tersebut tidak ada alasan untuk membuat sesuatu tidak bisa, tanamkan keyakinan bahwa aku bisa, dan sukses dalam segala hal Atas Ridho Allah SWT“.

Nah, adapun cara menelaah atau menghayati amalan wajib Cipta sejati adalah sebagai berikut:

  • Amalan wajib keindahan bahasanya.
  • Amalan wajib maksud dan tujuannya.
  • Khasiat serta kegunaanya.
  • Amalan wajib akan kekuatannya.

Di mana jika ditinjau dari amalkan yang telah diatur sesuai dengan tingkatan masing-masing oleh guru, maka bagi para siswa jangan sekedar hanya membaca saja. Namun, benar-benar menghayati serta mengerti sebagai penunjang ilmu Cipta Sejati. Hal tersebut supaya nantinya lebih bermanfaat, maka dari itu sering-seringlah mendoakan orang lain ke hal-hal baik.

Misalnya, kalian mendoakan gurunya, pelatih, para syekh, teman, para malaikat, orang-orang suci, hingga kepada alam semesta dan lain sebagainya. Dengan demikian, jika sering melakukan hal tersebut secara ikhlas Insyaallah hidupnya nanti akan selalu dituntun oleh Allah SWT.

Tingkatan Sabuk Cipta Sejati

Tingkatan Sabuk Cipta Sejati

Setelah mengetahui amalan wajib Cipta Sejati, kalian juga penting memahami setiap tingkatan sabuk Cipta Sejati. Adapun sabuk Cipta Sejati merupakan salah satu prestasi yang diidamkan oleh setiap praktisi bela diri.

Karena dunia bela diri, tingkatan sabuk menjadi cerminan kemahiran, dedikasi, dan pengetahuan mendalam tentang teknik serta filosofi bela diri yang dikuasai. Di mana sabuk Cipta Sejati bukan hanya sebagai tanda keahlian, tetapi menunjukkan kesabaran, dedikasi, serta disiplin dalam melatih bela diri seseorang.

1. Sabuk Putih

Tingkatan sabuk Cipta Sejati pertama adalah warna putih, karena putih merupakan tingkatan awal yang diberikan kepada pemula dalam bela diri. Pada tahap tersebut, kalian akan mempelajari dasar teknik bela diri mulai dari memahami prinsip-prinsip dasar mendasar dalam bela diri.

2. Sabuk Kuning

Setelah mencapai tingkatan sabuk putih, kalian akan melanjutkan perjalanan dalam bela diri dengan mempelajari teknik dasar lebih kompleks. Selain itu, meningkatkan keterampilan kalian untuk menghadapi situasi pertempuran berbeda.

3. Sabuk Oranye

Tingkatan sabuk oranye Cipta Sejati menandakan bahwa kalian sudah menguasai teknik dasar dan siap mempelajari gerakan lebih maju serta rumit. Kalian akan mempelajari strategi bertahan serta menyerang lebih kompleks untuk bela diri.

4. Sabuk Hijau

Di tingkatan sabuk hijau, kalian akan mengasah keterampilan untuk teknik bela diri dan mempelajari gerakan lebih halus secara efisien. Tidak hanya itu, nanti juga akan memahami aspek mental serta spiritual dari amalan wajib Cipta Sejati.

5. Sabuk Biru

Tingkatan sabuk biru yaitu menunjukkan kemajuan secara signifikan dalam Cipta Sejati. Di mana pada tahap ini, nanti akan menguasai teknik-teknik kompleks mulai dari mengembangkan gaya bela diri kalian.

6. Sabuk Ungu

Tingkatan sabuk ungu Cipta Sejati merupakan tingkatan lebih tinggi dalam hierarki sabuk Cipta Sejati. Pada tahap ini, nantinya kalian akan menjadi seseorang ahli dalam Cipta Sejati dan mempunyai pemahaman mendalam tentang teknik tingkat lanjut serta strategi bertahan hingga menyerang secara kompleks.

7. Sabuk Cokelat

Sabuk cokelat merupakan tingkatan keahlian tinggi dalam Cipta Sejati. Di mana tahap tersebut akan mengasah keterampilan hingga ke tingkat sempurna dan mempelajari teknik tingkat lanjut hanya bisa dikuasai oleh sedikit praktisi Cipta Sejati terpilih.

8. Sabuk Merah

Tingkatan pada sabuk merah, kalian akan dianggap sebagai seseorang master dalam bela diri serta dihormati atas pengetahuan dan keterampilan kalian. Selain itu, sabuk merah juga mempelajari filosofi atau etika lebih dalam dari Cipta Sejati.

9. Sabuk Hitam

Tingkatan Cipta Sejati sabuk hitam adalah prestasi tertinggi dalam bela diri. Tahap ini kalian akan diakui sebagai seseorang ahli Cipta Sejati dan memiliki pengetahuan mendalam tentang teknik tingkat lanjut serta filosofi bela diri. Selain itu, nantinya juga akan menjadi mentor bagi praktisi Cipta Sejati lainnya.

10. Sabuk Hitam Tingkat Lanjut

Sabuk hitam tingkat lanjut merupakan tingkatan tertinggi untuk sabuk Cipta Sejati. Di tahap ini, kalian akan menjadi seseorang grand master dalam bela diri serta dihormati atas prestasi luar biasa. Selain itu, tingkat ini akan mempelajari teknik rahasia dan mempunyai pemahaman mendalam tentang semua aspek Cipta Sejati.

Kesimpulan

Dari pembahasan tentang amalan wajib Cipta Sejati di atas, mudah-mudahan para siswa maupun orang awan ketika ingin bergabung dengan Cipta Sejati semakin memahami apa yang harus dimiliki serta dipersiapkan nantinya. Untuk itu, kalian terus meningkatkan dan mengembangkan diri dalam perguruan mana pun dan tetap berlandaskan nilai-nilai etika yang ada.

Tinggalkan komentar