Ilmu Gaib, Pengertian, Macam, dan Ciri-Ciri

Kejawen.id – Di Indonesia memang terkenal akan suku, agama, budaya hingga tradisi bahkan terkenal dengan hal-hal berbau mistis. Adapun salah satu hal mistis membuat merinding dan mengerikan adalah ilmu gaib yang dimilikinya.

Sebagaimana diketahui gaib sendiri adalah sebuah istilah tersembunyi, rahasia dan misterius, khususnya yang berkaitan dengan hal-hal gaib. Oleh sebab itu, hingga saat ini masih banyak orang di luar sana tertarik dengan ilmu gaib.

Ada beberapa faktor membuat ilmu gaib menarik perhatian bagi semua orang, bahkan di zaman kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan. Namun, tidak semuanya orang mengerti akan keterkaitan hal tersebut.

Oleh karena itu, buat kalian ketika ingin mengetahui apa sebenarnya gaib itu sendiri, apakah orang tersebut memiliki kesaktian luar biasa? Maka itu, ada baiknya simak pembahasan lengkapnya di bawah ini kami akan membahas mulai dari pengertian, macam-macam ilmu, hingga ciri-ciri orang mempunyai ilmu.

Ilmu Gaib Adalah

Ilmu gaib adalah sejenis pengetahuan tidak dapat diraih oleh manusia secara biasa. Di mana ilmu gaib merupakan anugerah dari Allah SWT kepada sebagian orang. Namun, berdasarkan ajaran syariah pada dasarnya pengetahuan sesuatu gaib hanya diperuntukkan bagi Allah, sedangkan berdasarkan kemaslahatan, mereka menganugerahkan ilmu gaib tersebut kepada sebagian manusia saja.

Maka demikian, sebagian tentang ilmu Dzat-Nya hanya Allah SWT saja yang bisa mengetahui dan tidak ada seorang pun akan sampai pada hakikat tersebut. Menurut ajaran agama Islam, para Nabi atau paling tidak sebagian Nabi seperti Nabi Muhammad SAW, Imam Syiah, dan sebagian manusia saleh juga memiliki doa ilmu gaib.

Adapun keluasan dan ukuran ilmu gaib pada setiap masing-masing dari mereka akan berbeda-beda, dan kebanyakan ilmu gaib ini dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW dan para penggantinya. Berbicara tentang ilmu yang dimiliki oleh para imam, terdapat juga dua pendapat di kalangan para teolog Syiah. Di mana ulama Syiah berkeyakinan bahwa ilmu para imam bersifat tidak terbatas.

Jadi, secara umumnya gaib adalah sesuatu tersembunyi dari panca indra, kebalikan Syuhud berarti sesuatu tidak bisa dipahami menggunakan panca indra. Selain itu, gaib menurut istilah hadis dan Al-Qur’an adalah sesuatu tidak bisa diketahui menggunakan isyarat-isyarat biasa.

Ilmu gaib merupakan sebuah frase bermakna untuk mengetahui gaib atau berbicara tentang sesuatu gaib, atau pendeknya pengetahuan mengenai hal-hal tersembunyi dan segala sesuatu tidak dapat dipahami dengan alat-alat observatory empirik.

Namun dalam akidah Islam, istilah gaib ini mencakup banyak seperti rezeki, jodoh, kematian, roh manusia, akhir zaman, dan surga. Selain itu, banyak menyebutkan bahwa beriman kepada sesuatu gaib adalah salah satu ciri orang muslim bertakwa. Hal tersebut termasuk kedalam hal gaib yaitu makhluk (ciptaan) tidak bisa di jangkau indra manusia seperti dari bangsa jin dan malaikat.

Ilmu Gaib Dalam Islam

Sebagaimana diketahui, berdasarkan klasifikasi mengenai perkara gaib ternyata dibagi menjadi dua bagian yaitu:

1. Gaib Mutlak

Gaib mutlak adalah sesuatu berkaitan dengan Allah SWT serta tidak berkaitan lainnya. Hanya Allah SWT saja yang dapat mengetahuinya. Seperti dalil yang dijadikan sebagai dasar gaib mutlak antara lain seperti:

  • Surat An-Naml: 65

قُلْ لَّا يَعْلَمُ مَنْ فِى السَّمٰوٰتِ وَالْاَرْضِ الْغَيْبَ اِلَّا اللّٰهُ ۗوَمَا يَشْعُرُوْنَ اَيَّانَ يُبْعَثُوْن

“Katakanlah (Muhammad), “Tidak ada sesuatu pun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang gaib, kecuali Allah. Dan mereka tidak mengetahui kapan mereka akan dibangkitkan”

  • Surat Lukman: 34

اِنَّ اللّٰهَ عِنْدَهٗ عِلْمُ السَّاعَةِۚ وَيُنَزِّلُ الْغَيْثَۚ وَيَعْلَمُ مَا فِى الْاَرْحَامِۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌ مَّاذَا تَكْسِبُ غَدًاۗ وَمَا تَدْرِيْ نَفْسٌۢ بِاَيِّ اَرْضٍ تَمُوْتُۗ اِنَّ اللّٰهَ عَلِيْمٌ خَبِيْرٌ

“Sesungguhnya hanya di sisi Allah ilmu tentang hari Kiamat; dan Dia menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan dikerjakannya besok. Dan tidak ada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Maha Mengenal”

2. Gaib Nisbi

Gaib Nisbi merupakan suatu perkara gaib yang dimungkinkan makhluk dapat mengetahuinya, tetapi tidak secara terperinci. Disebut sebagai gaib Nisbi, karena dinisbatkan pengetahuannya menyaksikan hal-hal gaib. Dalil yang dijadikan sebagian dasar gaib Nisbi yaitu:

  • Surat Ali Imron: 44

ذٰلِكَ مِنْ اَنْۢبَاۤءِ الْغَيْبِ نُوْحِيْهِ اِلَيْكَ ۗوَمَا كُنْتَ لَدَيْهِمْ اِذْ يُلْقُوْنَ اَقْلَامَهُمْ اَيُّهُمْ يَكْفُلُ مَرْيَمَۖ وَمَا كُنْتَ لَدَيْهِمْ اِذْ يَخْتَصِمُوْنَ

“Itulah sebagian dari berita-berita gaib yang Kami wahyukan kepadamu (Muhammad), padahal engkau tidak bersama mereka ketika mereka melemparkan pena mereka (untuk mengundi) siapa di antara mereka yang akan memelihara Maryam. Dan engkau pun tidak bersama mereka ketika mereka bertengkar”

Akan tetapi, dalam sebuah rubrik tanya jawa dengan nama “Mafahim” dari narasumber Syeikh Ali Jum’ah, beliau menjelaskan secara rinci tentang gaib. Menurut beliau, gaib terbagi menjadi tiga yaitu gaib Nisbi, gaib Mutlak, dan gaib Al-Goib.

Ilmu Gaib Kalimantan

Seperti diketahui, masyarakat suku Dayak sejak dahulu dikenal akan hal-hal berbau mistis. Salah satu hal mistis membuat merinding dan mengerikan yaitu ilmu gaib yang dimilikinya. Terlebih, ilmu ini dilakukan untuk melakukan teluh atau biasa dikenal santet. Karena bagi suku Dayak, santet bukanlah hal asing.

Sebagaimana diketahui, santet adalah sebuah cara atau media untuk mengirim ilmu mistis kepada korban yang menjadi sasaran targetnya. Santet dipercaya bisa memberikan efek luar biasa kepada korban, selain nyawa menjadi taruhannya, santet juga diyakini mampu melukai korban yang menjadi incarannya tersebut hanya dengan jari telunjuk saja. Nah, berikut beberapa ilmu santet suku Dayak yang dikenal mengerikan.

  • Ilmu santet cuca bangkai.
  • Ilmu santet cuca peruntus.
  • Ilmu santet panah terong.
  • Ilmu santet parang maya.
  • Ilmu santet pedang pekir.

Ilmu Gaib Kuno Pariaman

Selain terkenal alamnya yang indah dan masakannya terkenal ke berbagai daerah di Indonesia, Pariaman juga dikenal akan kekentalan adatnya hingga sekarang masih terjaga. Kepercayaan nenek moyang seperti dalam hal gaib atau mistis masih sering diceritakan dalam turun-temurun oleh sebagai orang kepada anak cucu mereka.

Salah satu hal lumrah diceritakan kepada mereka adalah terkait permainan mistis atau mitos terkait ilmu gaib. Ilmu hitam biasanya merujuk kepada kekuatan sihir atau gaib dengan tujuan niat jahat untuk mencelakai korban yang ingin ditujunya. Berikut berbagai ilmu hitam yang ditakuti di Pariaman hingga saat ini.

  • Ilmu Gasiang Tangkurak
  • Ilmu Carik Barandang
  • Ilmu Santuang Palalai
  • Ilmu Pasaik

Ilmu Gaib Jawa

Selain dikenal dengan adat, tradisi, dan budaya, ilmu gaib juga tidak bisa dilepaskan dari kehidupan masyarakat Jawa. Dalam perjalanan sejarah masyarakat Jawa, terdapat suatu warisan budaya spiritual yang menciptakan individu dan dianggap memiliki kekuatan luar biasa, yakni dikenal sebagai sakti mandraguna.

Rahasia dibalik kesaktian tersebut tidak terletak pada amalan mistis semata, namun juga pada nilai-nilai serta prinsip hidup yang dipegang teguh oleh para praktisi spiritual ilmu gaib. Menilik orang Jawa mempunyai kesaktian yang tidak tertandingi alias sakti mandraguna, ternyata hal itu tak terlepas dari ilmu gaib.

  • Ilmu Pancasano.
  • Ilmu Rawarontek.
  • Ilmu ajian Saipi Angin.
  • Ilmu gaib Brajamusti.
  • Ilmu santet.
  • Ilmu anti lebur sukheti.

Ilmu Gaib Psht

Persaudaraan Setia Hati Terate atau lebih dikenal luas PSHT adalah sebuah organisasi olahraga. Psht adalah salah satu organisasi pencak silat yang tergabung dan salah satu yang turut mendirikan Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI). Selain itu, nama Setia Hati yaitu melambangkan kesatuan dalam hati dan pikiran manusia pada Tuhan.

PSHT selalu mengutamakan persaudaraan antara manusia dan kombinasi antara ajaran spiritual (ilmu kebatinan) dengan gerakan-gerakan pencak silat. Berikut beberapa ilmu Psht yang masih digunakan hingga saat ini.

  • Pencak silat putera kera sakti.
  • Pencak silat pagar nusa.
  • Pencak silat perisai diri.
  • Ilmu silat merpati putih.
  • Silat tapak suci putera Muhammadiyah.
  • Pencak silat cimande.

Ciri-Ciri Orang Mempunyai Ilmu Gaib

Orang mempunyai ilmu gaib tingkat tinggi biasanya memiliki sejumlah ciri-ciri. Akan tetapi, ciri tersebut sering diabaikan karena biasanya mereka tidak menyadarinya. Kemampuan orang memiliki ilmu gaib bisa juga diketahui sejak kecil, hal tersebut bisa diketahui sejak dini sehingga orang terdekat bisa memberikan arahan. Adapun ciri-ciri tersebut antara lain:

  • Lebih bersikap dewasa.
  • Mempunyai tanda lahir khusus.
  • Rasa percaya diri tinggi.
  • Pemikir.
  • Sering mimpi tentang hal gaib.
  • Dapat membaca energi dan karakter orang saat bertemu orang lain.
  • Mimpi terbang atau terjatuh.
  • Badan gemetar di tempat-tempat yang dianggap sakral.
  • Sering didekati serangga.
  • Ucapannya sering terjadi.

Kesimpulan

Itulah pembahasan tentang ilmu gaib, jadi ilmu ini memang sejak dahulu dari para zaman nabi dan nenek moyang kita sudah ada. Percaya atau tidak adanya ilmu tersebut, kembali lagi pada kepercayaan masing-masing. Semoga artikel di atas bisa menjadi referensi saat ingin mempelajari atau mengetahui tentang hal gaib.

Tinggalkan komentar