Manfaat Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing dan Cara

Kejawen.id – Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing adalah salah satu bagian dari tradisi Kejawen yang dilakukan pada hari kelahiran. Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing juga bisa dilakukan tidak hanya untuk diri sendiri, tetapi seperti anak, istri dan sebagainya karena puasa ini diyakini juga memiliki banyak manfaat.

Selain diyakini memiliki manfaat, puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing adalah puasa untuk bisa mengabulkan hajat dengan cepat. Maka dari itu, sebagian orang saat ini masih banyak menjalankan puasa ini.

Tidak hanya itu, ketika hendak menjalankan puasa weton seseorang juga perlu mengetahui tata cara serta pantangannya. Sebab, jika seseorang menginginkan hajat dan manfaat dari puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing itu harus sesuai dengan ajaran yang ada.

Oleh karena itu, belakangan ini banyak orang mencari tata cara serta pantangan apa saja yang dilakukan saat melakukan puasa weton. Maka, ada baiknya kalian simak pembahasan ini sampai selesai di bawah ini mulai dari pengertian, tata cara puasa, manfaat dan pantangan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing.

Apa Itu Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing?

Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing merupakan sebuah tradisi yang sering dilakukan oleh masyarakat Jawa, biasanya mereka mengikuti kepercayaan ajaran Kejawen. Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing atau puasa weton adalah salah satu puasa yang dilakukan pada hari kelahiran seseorang menurut Primbon Jawa.

Seperti diketahui, weton sendiri berasal dari bahasa Jawa atau memiliki arti hari kelahiran. Di mana kelahiran dalam tradisi Jawa yaitu dikenal sebuah acara upacara adat wetonan ketika bayi telah menginjak usia 35 hari. Jenis puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing adalah puasa yang pelaksanaannya dilihat dan mengacu pada kalender Jawa.

Contoh, kalian lahir pada Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing maka kalian bisa melakukan puasa weton sesuai dengan hari serta weton tersebut. Menurut Primbon Jawa, puasa ini dijalankan seseorang untuk memohon sesuatu kepada Tuhan supaya hajat cepat dikabulkan.

Selain itu, puasa Neptu atau Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing adalah salah satu warisan dari Raden Mas Said (Sunan Kalijaga). Perlu diketahui juga, dalam menjalankan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing, karena tidak seperti nama dan penjelasan singkatnya.

Sebab, jenis puasa Kejawen ada banyak sekali jenisnya seperti dikenal dengan nama puasa Neptu 40 jadi 3 hari. Di mana dalam menjalani 4 hari itu bisa diringkas menjadi 3 hari saja, namun lebih akan lebih berat pada tingkatannya. Selain itu, jika kalian bisa menjalankan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing nanti akan mendapatkan banyak manfaat serta khasiat lainnya.

Dalam melakukan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing, kalian memilih hari untuk memulai hitungan 3 harinya. Karena pada hitungan pasaran serta hari, seseorang itu tidak semuanya sama. Biasanya menjatuhkan awal puasa akan terhitung dari penjumlahan dari hari serta pasaran Jawa. Berikut nama hari dan pasaran dalam Kalender Jawa.

Hari:

  • Senin
  • Selasa
  • Rabu
  • Kamis
  • Jumat
  • Sabtu
  • Minggu

Pasaran:

  • Pon
  • Legi
  • Pahing
  • Wage
  • Kliwon

Dari hari serta pasaran di atas, angka Neptunya berbeda-beda dan itu harus dihitung dari angka kelahiran kalian. Di mana nantinya akan menjatuhkan dimulainya hari pertama, kedua, dan ketiga puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing yang hendak kalian lakukan.

Niat dan Tata Cara Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing

Sebelum lanjut membahas manfaat Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing, kalian juga wajib mengetahui niat dan tata caranya. Sebenarnya hampir sama dengan jenis puasa lainnya, puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing dilakukan selama 3 hari penuh.

Dalam menjalankan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing kalian dilarang untuk makan serta minum selama 3 hari dengan ketentuan waktu berbuka puasa jatuh pada hari ketiga yaitu sampai Kamis Pahing. Nah, adapun bacaan niat puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing adalah seperti berikut ini.

“Niat Ingsun pasa ing dina kelahiran tanpa mangan tanpa ngombe kangge (sebutkan hajat/keinginan) kerono Allah Ta’ala”

Artinya: “Aku niat berpuasa pada hari kelahiran untuk mendapatkan (sebutkan hajat) karena Allah Ta’ala”.

Setelah mengetahui niat puasa weton atau puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing, kalian juga perlu mengetahui tata cara pelaksanaan puasa tersebut agar bisa dijalankan secara sah dan benar. Berikut beberapa tata cara puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing di antaranya adalah:

  • Pertama wajib mandi besar.
  • Sebelum berpuasa, ada baiknya melakukan mandi kembang tujuh rupa lalu disiramkan mulai dari atas kepala hingga ujung kaki (bisa dilakukan jika ada, tidak dilakukan juga tidak masalah).
  • Membaca niat puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing di atas.
  • Puasa dapat dijalankan sejak fajar hingga Maghrib atau seharian penuh.
  • Bagi kaum Muslim, alangkah baiknya sebelum waktu Subuh tiba untuk melakukan sholat Sunnah dua rakaat.
  • Taat beribadah dan perbanyak berbuat kebaikan dan tidak memberitahukan kepada orang lain jika sedang melakukan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing.
  • Mempersiapkan 7 macam jajanan pasar di waktu berbuka serta bubur merah maupun putih untuk buka.

Nah, jika kalian bisa melewati puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing Insyaallah nantinya akan mendapatkan berbagai manfaat. Oleh karena itu, kami sarankan untuk melakukan puasa ini penuh dengan keyakinan serta niat yang sungguh-sungguh.

Manfaat Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing

Sebagaimana diketahui, puasa weton merupakan bukan puasa sembarangan karena tidak semua orang bisa melakukannya. Selain itu, masyarakat Jawa meyakini bahwa dengan menjalankan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing nanti bisa mendatangkan banyak manfaat.

Jika nantinya kalian benar-benar melakukan dengan niat serta tujuan untuk kebaikan diri sendiri, pasti akan banyak sekali manfaatnya. Lalu apa saja manfaat puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing? Berikut kami berikan beberapa manfaatnya.

1. Meningkatkan Kepekaan Batin

Manfaat pertama puasa weton yaitu dipercaya mampu meningkatkan kepekaan batin. Hal tersebut bisa terjadi jika kalian secara rutin melakukan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing.

Di mana kepekaan spiritual mata batin nantinya akan semakin tajam, dan sebagian besar masyarakat juga meyakini jika semakin rajin menjalankan puasa ini dapat merasakan serta mengetahui hal-hal gaib.

2. Membuat Badan Lebih Sehat

Selain meningkatkan batin, manfaat lainnya juga baik untuk kesehatan secara menyeluruh. Sebab, puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing sama seperti jenis-jenis puasa lainnya.

Sebagian orang mempercayai ketika melakukan puasa weton mampu membuang racun-racun di dalam tubuhnya. Tidak hanya itu, puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing juga bisa membantu menjaga stabilitas tekanan darah serta gula darah.

3. Meningkatkan Kekuatan Mental

Manfaat puasa weton selanjutnya yaitu mampu meningkatkan kekuatan mental lebih kuat. Karena saat menjalankan puasa seseorang tidak hanya menahan lapar maupun haus, tetapi juga menahan hawa nafsu dan emosi.

Oleh sebab itu, dengan hal inilah membuat pikiran seseorang menjadi lebih jernih serta selalu bisa berfikir positif. Jadi, nantinya dapat meningkatkan kekuatan mental pada diri sendiri di mana pun berada.

4. Mempermudah Mengabulkan Doa dan Harapan

Seperti diketahui, sesuai dalam niat puasa yang dibacakan menurut kepercayaan Kejawen, manfaat dari puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing adalah mampu mengabulkan doa serta harapan seseorang dengan cepat.

Jika seseorang menjalankan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing sesuai dengan tata cara maupun menyebutkan harapan dalam niat tulus nanti juga bisa mendatangkan kabar baik hingga cita-cita maupun harapan kalian mudah untuk dikabulkan.

5. Menjauhkan dari Kesialan

Manfaat selanjutnya diyakini mampu menjauhkan diri dari nasib kesialan atau buruk. Oleh karena itu, puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing sangat dianjurkan bagi orang-orang yang lahir memiliki Neptu kurang baik.

Sebab, puasa weton dipercaya dapat mencegah berbagai hal buruk yang nantinya mungkin terjadi. Selain itu, puasa ini juga bisa membawa seribu kebaikan hingga terhindar dari godaan setan.

6. Introspeksi serta Refleksi Diri

Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing memang dapat memberikan kesempatan untuk merenung dan melakukan introspeksi. Hal ini sangat membantu evaluasi diri atau perbaikan karakter seseorang.

Karena selama menjalankan puasa kegiatan sehari-hari berkurang, jadi dapat memberikan lebih banyak waktu ruang untuk berpikir dan merenung. Puasa ini merupakan kesempatan untuk merenungkan aspek-aspek kehidupan seperti tujuan pribadi, hubungan dengan orang lain beserta jalur spiritual agar lebih kuat.

Pantangan Puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing

Setelah mengetahui tata cara dan manfaat puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing, ternyata ada pantangan yang perlu dihindari supaya mendapatkan syafaat dan keberkahan dari Allah SWT.

Pada umumnya, pantangan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing ini hampir sama pada puasa lainnya, yakni dilarang minum dan makan beserta wajib menahan hawa nafsu. Tidak hanya itu, terdapat pantangan lain untuk kalian hindari saat melakukan puasa ini di antaranya seperti:

  • Mengkonsumsi minum kopi maupun minuman beralkohol.
  • Makan daging, baik hewan atau burung.
  • Dilarang merokok.
  • Berbohong kepada seseorang.
  • Berkata kasar maupun menyakiti perasaan orang lain.
  • Merugikan atau berbuat jahat kepada orang lain.
  • Berhubungan intim dengan pasangan.

Selain pantangan di atas, jangan lupa untuk menghindari kegiatan negatif dan membuat stres. Dengan demikian manfaat dari puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing akan bisa sempurna serta cepat dikabulkan.

Kesimpulan

Itulah pembahasan dari Kejawen.id mengenai manfaat puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing hingga tata cara serta pantangan yang harus kalian lakukan ketika melakukan puasa tersebut. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi dan bermanfaat bagi kalian yang ingin melakukan puasa Selasa Kliwon Rabu Legi Kamis Pahing.

Tinggalkan komentar