12 Weton Paling Istimewa dan Sakti Menurut Primbon Jawa

Kejawen.id – Kepercayaan masyarakat Jawa Kejawen mengenai weton memang tidak perlu diragukan lagi. Menurut primbon Jawa, biasanya weton dijadikan acuan untuk meramalkan beberapa hal, seperti peruntungan rezeki atau sifat seseorang. Perlu diketahui juga bahwa ada beberapa weton paling istimewa yang bisa kalian ketahui.

Seperti diketahui, menurut primbon Jawa ternyata terdapat 12 weton paling istimewa dan mempunyai kesaktian. Pasalnya, weton atau hari lahir seseorang menurut kepercayaan masyarakat Jawa dipercaya mempunyai masing-masing arti.

Selain itu, weton juga dipercaya dapat menentukan nasib seseorang di dalam kehidupannya. Lalu apa saja weton paling istimewa dan sakti menurut primbon Jawa yang dijadikan pedoman kehidupan sehari-hari?

Apakah kalian termasuk salah satu yang memiliki keistimewaan dari weton ini? Oleh karena itu, ada baiknya simak pembahasan kali ini tentang weton paling istimewa dan sakti menurut primbon Jawa.

Apakah Weton Penting?

Sebelum lanjut apa saja weton paling istimewa, ada baiknya ketahui terlebih dahulu definisi weton atau pentingnya weton dalam kehidupan. Dalam budaya Jawa, weton atau neptu secara etimologi dapat diartikan sebagai nilai. Sedangkan dalam terminologi, weton merupakan angka perhitungan yang didasarkan pada bulan, hari dan tahun Jawa.

Perhitungan weton itu sangat penting, terutama saat melaksanakan suatu acara penting seperti pindah rumah, pernikahan, dan lainnya. Pada umumnya, weton digunakan sebagai tanggal baik untuk pelaksanaan acara, hal tersebut agar bisa menghindari hari yang dianggap membawa peruntungan buruk. Tidak itu saja, hitungan Jawa ini juga bisa untuk meramal kecocokan pasangan.

Karena weton digunakan untuk menentukan keputusan penting, maka itu menghitung weton itu tidak dapat dilakukan secara sembarangan. Biasanya perhitungan ini diserahkan kepada orang yang dituakan dan dianggap mempunyai ilmu untuk melakukannya.

Weton Paling Istimewa

Terdapat 12 weton paling istimewa menurut primbon Jawa, weton tersebut karakternya bisa menjadi wadah atau sebagai penyimpanan apapun sesuai dengan perhitungan primbon Jawa. Di mana 12 weton paling istimewa ini bisa mengelola dan mengontrol segala macam hal apapun dengan sangat baik.

Menurut primbon Jawa weton ini biasanya selalu ada keberuntungan dalam hidupnya, maka itu harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Berikut ini weton paling istimewa dapat menurunkan keberuntungan dan rezeki atau lainnya kepada anak hingga cucunya.

1. Weton Senin Pahing

Pertama, Senin Pahing merupakan salah satu weton paling istimewa menurut primbon Jawa. Weton istimewa dipercaya akan membawa keberhasilan bagi individu baik itu dalam segi usaha apapun. Mereka terlahir di weton ini kerap dipandang sebagai pemimpin yang efektif dengan, dengan potensi signifikan untuk maju dalam karirnya.

2. Weton Selasa Pahing

Bagi pemilik weton istimewa Selasa Pahing menurut primbon Jawa dalam hidupnya disegani dan hormati banyak orang dan mendapatkan rezeki seluas samudera. Sehingga tidak heran mempunyai pengaruh besar di masyarakat dan weton ini berpotensi bahagia dan sukses hingga tua.

3. Weton Jumat Legi

Weton Jumat Legi adalah sanggar waringin berarti orang ini dapat dipercaya dan diandalkan. Tentunya akan membuat mereka terlahir pada weton ini tidak kesusahan. Menurut primbon Jawa, weton istimewa ini dipercaya mempunyai keuangan yang riskan di setengah usianya.

Namun, karena sudah menjalani kehidupan susah dari kecil, nantinya hal tersebut menjadikan mereka semakin berkembang di kala dewasa. Kelak menjadi seorang sukses pada masa tuanya di hari mendatang.

4. Weton Senin Pon

Weton Senin Pon menurut primbon Jawa mempunyai banyak keistimewaan, mulai dari karakternya yang cerdas dan teguh, karir cemerlang hingga jodoh yang akan membawa kebahagiaan.

5. Weton Rabu Pahing

Weton Rabu mempunyai keistimewaan untuk menjadi orang yang kreatif dan inovatif dalam berbagai macam bidang. Menurut primbon Jawa weton Rabu Pahing mempunyai bakat dalam seni, musik, sastra, atau di bidang lainnya.

6. Weton Selasa Kliwon

Weton Selasa Kliwon dikenal weton istimewa dengan keramahannya, pandai mengungkapkan kata-kata yang tepat dalam berbagai situasi. Tidak heran jika banyak orang alan mudah menyukainya. Pemilik weton tersebut biasanya menjadi orang cerdas dan mempunyai wawasan luas.

7. Weton Rabu Pon

Weton Rabu Pon berada di bawah naungan Satrio Wibowo, adapun artinya yaitu akan selalu mendapat anugerah dan kenikmatan. Pemilik weton Rabu Pon cenderung akan disenangi banyak orang dan semasa hidupnya dipercaya akan bahagia hingga tua seperti cahaya rembulan yang selalu bersinar.

8. Weton Jumat Kliwon

Jumat Kliwon menurut hitungan primbon Jawa dipercaya akan memiliki rezeki yang mengalir tanpa ada kesukaran hidup dan selalu sayangi banyak orang.

9. Weton Minggu Wage

Minggu wage menurut primbon Jawa dipercaya memiliki rezeki seluas samudera. Selain itu, weton Wage sangat dikagumi dan disayangi banyak orang sehingga sepanjang hidupnya lancar dan bahagia serta sukses hingga tua nanti.

10. Weton Sabtu Pahing

Weton Sabtu Pahing menjadi salah satu bagian dari weton paling istimewa menurut primbon Jawa. Orang mempunyai weton Sabtu memiliki keberanian dan kecerdasan luar biasa, dan biasanya mempunyai nasib baik untuk karirnya.

11. Weton Kamis Pahing

Weton Kamis Pahing memiliki kombinasi serta dianggap membuka pintu keberuntungan dan kesuksesan finansial. Menurut primbon Jawa, weton tersebut dipercaya bahwa Kamis juga mempunyai energi kosmik serta mendukung aktivitas berkaitan dengan pertumbuhan dari segi kekayaan atau keberuntungan.

12. Weton Sabtu Kliwon

Weton Sabtu Kliwom menurut primbon Jawa dikenal sebagai sosok dermawan, tidak pantang menyerah, dan tekun untuk melakukan sesuatu. Salah satu keistimewaan weton tersebut yaitu ketika sudah berkeluarga dipercaya mampu mendukung segala macam pencarian rezeki. Weton tersebut sering dikaitkan dengan ketekunan dan ketangguhan mereka dalam bekerja dan mengejar berbagai tujuan.

Weton Paling Sakti

Selanjutnya yaitu weton paling sakti menurut primbon Jawa, perlu diketahui terdapat lima aspek untuk kehidupan manusia yaitu kebahagiaan, kemakmuran, spiritualitas, kesehatan dan pertumbuhan kualitas diri. Adapun menurut primbon Jawa, ada lima weton dianggap paling sakti dibandingkan dengan weton lainnya.

Kelima weton tersebut meliputi Rabu Pahing, Minggu Pon, Sabtu Kliwon, Jumat Wage, dan Senin Legi. Berikut penjelasan lengkapnya mengenai keistimewaan dan kekuatan dari masing-masing weton tersebut.

1. Rabu Pahing

Pertama, weton Rabu memiliki neptu 19 dan berada di bawah naungan watak laku bumi. Rabu mempunyai power cakra dan pahing mempunyai power jantung.

Sehingga menjadikan weton Rabu sebagai waktu paling sakti untuk memiliki potensi kuat dari turunnya wahyu kebahagiaan. Mereka lahir pada weton Rabu biasanya memiliki jiwa pemimpin, cerdas, beruntung dan berwibawa.

2. Minggu Pon

Weton Minggu Pon mempunyai neptu 15 dan berada di bawah naungan watak laku api. Minggu mempunyai power pada mulut dan Pon memiliki power pada telinga.

Sehingga menjadikan weton Pon sebagai waktu paling sakti untuk mempunyai potensi kuat dari turunnya wahyu kemakmuran. Mereka terlahir pada weton Pon biasanya memiliki jiwa pedagang, pandai, komunikatif, dan kaya.

3. Sabtu Kliwon

Sabtu Kliwon mempunyai neptu 12 dan berada di bawah naungan watak laku angin yang artinya Sabtu Kliwon itu memiliki power mata dan hati. Sehingga Sabtu Kliwon menjadikan waktu paling sakti untuk memiliki potensi kuat dari turunnya wahyu spiritualitas. Mereka terlahir dengan weton Kliwon biasanya mempunyai ijiwa mistis, peka terhadap makhluk gaib, bijaksana, dan berkarisma.

4. Jumat Wage

Jumat Legi menjadi weton paling istimewa dan sakti menurut primbon Jawa, karena memiliki neptu 17 dan berada di bawah naungan watak laku air. Di mana Jumat memiliki power tangan dan Wage memiliki power kaki.

Sehingga menjadikan weton Jumat Wage sebagai waktu paling sakti untuk memiliki potensi kuat dari turunnya wahyu kesehatan. Mereka yang terlahir pada weton ini biasanya memiliki jiwa petani, sehat, rajin, dan sejahtera.

5. Senin Legi

Terakhir, weton Senin Legi memiliki neptu 9 dan berada di bawah naungan watak laku kayu. Senin yaitu memiliki power kepala dan Legi power perut, sehingga menjadikan weton ini sebagai waktu paling sakti untuk mempunyai potensi kuat dari turunnya wahyu pertumbuhan kualitas diri. Mereka terlahir pada weton Senin Legi biasanya memiliki jiwa seniman, kreatif, ceria dan berkembang.

Pengaruh Weton

Makna weton dalam budaya Jawa mengacu pada perhitungan dan interpretasi kombinasi antara hari umum (dalam kalender Jawa) dan hari pasaran saat seseorang lahir. Nah, kenapa di Jawa weton dikatakan sangat penting?

Karena kepercayaan bahwa weton bisa mempengaruhi karakter, kepribadian, dan nasib seseorang. Orang Jawa mempercayai bahwa weton dapat memberikan petunjuk tentang potensi, keberuntungan, dan tantangan yang akan dihadapi oleh individu dalam kehidupan.

Kesimpulan

Itulah 12 weton paling istimewa dan sakti menurut primbon Jawa. Apakah 12 weton ada salah satu dari kalian? Dalam sebuah ramalan atau prediksi baik itu hitungan menurut primbon jawa, keberuntungan tentunya dibarengi dengan usaha secara pribadi.

Demikian pembahasan dari kami tentang 12 weton paling istimewa dan sakti menurut primbon Jawa, dan perlu diketahui apapun bentuk ramalan anggap saja sebagai hiburan dan bisa memotivasi diri untuk tetap haus akan ilmu apa saja.

Tinggalkan komentar